Bus TMP Besar Kemana?

transmetro pku

Kondisi jalanan Ibukota Provinsi Riau – Pekanbaru, sejak awal Januari lalu tampak sedikit berbeda, pasalnya dua puluh unit Bus Transmetro Pekanbaru (TMP) sudah tidak tak lagi beroperasi, hal ini dikarenakan kondisi bus yang lagi berada pada kondisinya yang prima, bus yang telah melayani warga ibukota Pekanbaru selama empat tahun ini kemudian diperbaiki beberapa bagiannya yang rusak, baik itu interior maupun eksterior.
Melihat kondisi Bus TMP tersebut, Pemerintah kota tak lantas tinggal diam. Bus tersebut kemudian digantikan dengan Bus TMP yang berukuran sedikit lebih kecil dari bus sebelumnya.

Ditemui dikantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru, Kepala Dishubkominfo  tidak memberikan komentar apa-apa terkait Bus TMP yang sudah tidak dioperasikan.

Menurut seorang pegawai bagian transportasi Dishubkominfo , memang benar bus-bus besar sudah tidak dioperasikan dan diganti dengan bus-bus baru, tetapi bus-bus besar itu masih akan tetap beropersi melayani trayek-trayek yang sifatnya jauh kepinggiran kota, hanya saja saat ini bus-bus tersebut sedang dalam proses perbaikan.

Keputusan Pemerintah Kota untuk menggunakan bus TMP yang kecil untuk melayani Kota Pekanbaru sangat tepat, melihat kondisi kota yang berkembang semakin pesat. Perkembangan itu dibarengi dengan bertambahnya kepadatan dan jumlah penduduk, konsumsi akan kendaraan bermotorpun semakin meningkat, dan tanpa disadari kondisi ini menambah kesesakan yang diakibatkan oleh padatnya jumlah kendaraan setiap tahunnya, namun kapasitas jalan tidak dapat menyeimbangkan pertumbuhan tersebut.

“Saya tidak tau kenapa bus TMP yang lama ditukar, tapi saya merasa nyaman menggunakan bus TMP yang baru, pecuma saja punya bus besar kalau masyarakat dan kondisi jalan kita tidak siap untuk itu,” ujar Ainenmarina seorang mahasiswa semester delapan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. (sholihin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *