Tiga Penghargaan Untuk UIR

Rektor UIR Prof. Detri Karya memperlihatkan penghargaan dari kementerian ESDM atas energi alternatif. (Rifal)
Rektor UIR Prof. Detri Karya memperlihatkan penghargaan dari kementerian ESDM atas energi alternatif sel surya di Fakultas Teknik. (Rifal)

Pembukaan Pembinaan Akademik Mahasiswa Baru angkatan 2014 diselingi penyerahan tiga penghargaan yang diberikan kepada Rektor UIR, Detri Karya dari Kementerian ESDM Senin, 25 Agustus.  Penghargaan ini  didapat sewaktu Detri menghadiri upacara kemerdekaan di Istana Negara Senin, 17 Agustus lalu.

Penghargaan pertama merupakan penghargaan Energi 2014 yang dikeluarkan oleh Kementrian Energi Sumberdaya Mineral Indonesia,yang sebelumnya juga diserahkan kepada Universitas Pertanian Bogor dan dari salah satu koperasi yang ada di Malang. Untuk mendapatkan penghargaan ini UIR harus bersaing dengan Institusi lain.

”Kemarin untuk mendapatkan penghargaan ini ada 60 pengusul atau pengaju, dan panitia melihat langsung apakah benar sumber energi yang ada benar-benar efektif,tidak hanya teori,” terang Sugeng Wiyono sebagai Wakil Rektor IV bidang kerjasama. UIR mendapatkan penghargaan ini karena salah satu gedung Fakultas Teknik UIR mengembangkan sistem sel surya. Sehingga jika listrik mati maka tidak akan berpengaruh terhadap peralatan listrik yang ada di gedung tersebut. Sel Surya ini  digunakan sejak tahun 2013.

Penghargaaan yang kedua merupakan ucapan selamat dari Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudoyono karena UIR bisa ikut upacara kemerdekaan di Istana Merdeka, yang terakhir Penghargaan dari Metro TV , “ Sebagai ucapan selamat mudah-mudahan UIR bisa ikut acara yang ada di Kick Endy,”kata Sugeng. Rifal Fauzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *