Uji Coba Thermosifon

DSC01917

Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Islam Riau (UIR) angkatan 2012 melakukan uji coba perpindahan panas matahari melalui Thermosifon dengan tiga proses seperti radiasi, konduksi, dan konveksi.

“Uji Coba ini merupakan pengaplikasian dari mata kuliah perpindahan panas dengan menggunakan Thermosifon. Alat ini terdiri dari tiga bagian, khusus untuk kelompok ini kami menggunakan Thermosifon dengan kawat tembaga sebagai penghantar panasnya,” kata Irsyan Mahasiswa Fakultas Teknik. Semester 5

Irsyan mengatakan, Thermosifon yang akan diuji Mahasiswa Teknik Mesin UIR terdiri dari tiga cara, pertama mereka menguji Thermosifon biasa dengan kawat tembaga, kedua Thermosifon kawat Tembaga dengan tambahan pompa akuarium, dan yang ketiga Thermosifon dengan Kawat Tembaga yang dicat warna Hitam. Warna Hitam digunakan karena secara konveksi warna hitam merupakan penyerap yang baik dan penghantar panas yang buruk.

Beda dari Thermosifon yang mengunakan tambahan pompa dengan yang tidak ialah air yang dipanaskan di Thermosifon akan bersikulasi sedangkan yang tidak menggunakan pompa air, ia akan mengendap di tangki penyimpan air.

Dari ketiga Thermosifon itu, akan  ditemukan Thermosifon yang efektif dalam memanaskan air,hasil percobaan mereka akan diketahui setelah satu minggu kemudian, harapan mereka semoga percobaan mereka berhasil dan mendapatkan nilai yang baik. (Raja ,Rifal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *