Fopersma, Wadah Belajar Pers Mahasiswa Riau

Forum Pers Mahasiswa (Fopersma) Riau diundang sebagai tamu dalam program Green Community yang diusung oleh Green Radio Pekanbaru. Kali ini Fopersma diwakili oleh Ahlul Fadli dari Bahana UR, Wahid Irawan, AKLaMASI UIR dan Hafiz, Gagasan UIN Suska.

Nanda, Penyiar Green Radio, wawancarai masing- masing perwakilan pers kampus tersebut. Mulai dari kegiatan, tantangan dan apa kesibukan masing-masing saat ini. Wawancara live ini berlangsung di Aunties House Paus, Minggu sore (14/6).

Fopersma Riau adalah forum bersama untuk lembaga pers mahasiswa se- Riau. Forum ini mulai berdiri pada awal tahun dua ribuan. Forum ini diinisiasi oleh Lembaga Pers Mahasiswa Bahana UR, AKLaMASI UIR, Gagasan UIN Suska dan Visi Unilak. Awalnya himpunan ini bernama Visi ABG, namun pada tahun 2010 berganti jadi Fopersma Riau.
Kegiatan Fopersma bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM setiap anggota dan keseragaman lembaga pers mahasiswa. “Biasanya kita ada evaluasi majalah atau tabloid bersama setelah cetak, lalu ada sharing informasi,” kata Ahlul Fadli dari Bahana UR.

“Kami belajar tentang jurnalisme yang baik dan membantu anggota Fopersma dalam mencari percetakan murah,” kata Wawan saat diwawancarai. Saat ditanya apa saja yang diinformasikan sebagai pegiat pers mahasiswa oleh Nanda, Wawan katakan, untuk di AKLaMASI sendiri lebih banyak tentang pemberitaan kampus. “Misalnya tentang pertukaran Presiden Mahasiswa di Kampus UIR, kasus-kasus kampus dan serba hal tentang seni,” katanya.

Sedangkan Hafiz dari Gagasan mengatakan dengan pertanyaan yang sama, mereka juga banyak liputan di luar. ”Untuk liputan lingkungan kami juga ada, misalnya tentang kondisi Sungai Siak dan lainnya lah,” kata Hafiz.  (Yosa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *