Seminar Sikap Geologi Menghadapi Krisis Global dan Peresmian SM IAGI-UIR

Pekanbaru (aklamasi.net) – Teknik Geologi Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan seminar dan pelantikan Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Islam Riau (SM IAGI-UIR) pada Sabtu, (12/12) pagi. Acara yang bertemakan Seminar Geologi Menghadapi Krisis Global berlangsung di Aula Fakultas Agama Islam UIR yang dihadiri langsung oleh ketua IAGI Sukmandaru Prihatmoko dan ketua Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) Arif Izardi.

Menurut Sukmandaru yang dimaksud dengan krisis global adalah penyediaan sumber kebumian menurun, maka produksi menurun akibatnya lulusan geologi akan lebih keras berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan. Krisis global itu sendiri adalah siklus yang naik turun, jadi sebagai ahli geologi harus siap untuk mengatasai hal tersebut, dan harus dapat melihat peluang dari krisis itu

“UIR harus punya ciri khas apa yang bisa dikembangkan, supaya pada saat bersaing memiliki kekuatan tersendiri ” jelasnya.

Tahun ini diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Menurut Arif ini dapat dijadikan peluang bahwa pasar kerja untuk lulusan Teknik Geologi Indonesia tidak hanya di Indonesia tapi juga di ASEAN. “Indonesia mendapat peluang, karena Lulusan Teknik Geologi Indonesia sudah diakui di level dunia, di Kamboja prospek pertambangannya cukup besar, tetapi tidak ada satu Universitas pun yang menyediakan jurusan geologi, itu membuktikan bahwa kita lebih baik dari negara-negara lain ” jelas Arif Izardi.

Arif Izardi juga berpesan, dengan dimulainya SM IAGI-UIR ini kedepannya dapat menjalin silaturahmi yang baik antara IAGI dengan Universitas Islam Riau, dan dapat menjadi penerus aktivis berikutn

Acara pun diakhiri dengan pelantikan SM IAGI-UIR yang dilantik langsung oleh ketua IAGI. Kepengurusan SM-IAGI-UIR ini adalah yang pertama kali di Teknik Geologi Ziadul selaku ketua SM-IAGI UIR mengatakan ini adalah langkah awal untuk memajukan Teknik Geologi UIR, “Mendapat tanggung jawab baru sebagai awal untuk memajukan geologi, dan mengenalkan geologi yang ada di UIR melalui kerjasama yang baik dari seluruh keluarga besar teknik geologi UIR” tutupnya.

Oleh : Kru Magang Arniati Kurniasih

Editor : Rifal Fauzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *