BEM Fekon UIR Bagi-Bagi Nasi

Rabu (25/02), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Islam Riau (UIR) kembali lakukan aksi sosial—turun ke jalan untuk berbagi nasi. Sebelumnya, mereka pada 17 Febuari lalu juga adakan bakti sosial ke panti asuhan.

Malam itu, sekitar pukul 19.00, anggota BEM beserta beberapa mahasiswa Fekon lainnya berkumpul di depan Gerbang UIR untuk laksanakan acara pembukaan. Saat itu, juga ada pengarahan serta pembacaan doa sebelum berangkat ke lokasi tujuan.

DSC_0128

Tepatnya pukul 09.45, rombongan siap berangkat. Perjalanan dimulai dari Jalan Kaharudin Nasution menuju Sudirman, terus melaju ke sekitaran Rumbai. Rombongan sebanyak 26 orang dengan 14 motor ikut berpartisipasi. Selain nasi, mereka juga ada bagikan mi instan dan roti yang dibungkus apik dalam kresek biru ukuran sedang.

Ketika melewati Jalan Riau, selain anak-anak jalanan juga tampak banyak pengemis tidur di emperan Ruko (rumah toko) yang berjejer rapat di sepanjang jalan. Beberapa anggota dari rombongan turun dan bagikan makanan pada mereka. Saat itu juga, salah seorang warga menunjukkan sebuah gubuk kecil yang berada di emperan toko. “Bapak itu tinggal sendirian di sana, kira-kira sudah sekitar lima tahunan,” terang warga. Karena saat itu jam telah menunjukkan pukul 23.00, rombongan jumpa bapak tersebut tengah tidur di dalamnya, namun mereka membangunkannya untuk diberi bungkusan kresek biru.

 width=

Jono, Plt Gubenur Fekon menjelaskan, kegiatan tersebut di latar belakangi dengan kepedulian mahasiswa Fekon terhadap anak-anak jalanan. Sebelumnya, BEM telah kumpulkan dana dari setiap kelas di Fekon. DSC_0167

Menurutnya, saat ini kegiatan sosial berbagi nasi sudah tidak terlihat lagi di Pekanbaru. Menurutnya, Fekon lah yang akan memulai gerakan itu kembali dilakukan. “Kegiatan ini, juga untuk menyadarkan mahasiswa, bahwa di sekitar kita susah mendapatkan makan saat malam hari. Menjadi mahasiswa bukan hanya sekedar sibuk kegiatan kampus saja, jika perlu kita se-UIR turun ke jalan untuk bakti sosial.” Tambahnya.

DSC_0236

Wina—Mahasiswa Fekon—angkatan 2014, yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, mengatakan, aksi itu bukan semata-mata sekedar membagikan nasi, melainkan ada nilai kepedulian terhadap sesama. Itu lebih penting, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Penulis dan Fotografi: Laras Olivia)

Editor: Dede Mutiara Yaste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *