Sempat Dipindahkan, Seminar dan Outbound BEM Hukum Tetap Terlaksana

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum adakan seminar motivasi berbasis Emotional Spiritual Quostient (ESQ) yang mengangkat tema Produktifitas, Inovatif, Edukatif dan Kreatif atau disingkat Pintar, di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Islam Riau, Sabtu (27/02).

Ketua BEM Fakultas Hukum—Dwi Agus Putra mengatakan, seminar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghilangkan tindakan kriminalitas. “Jadi kami dari pihak internal—BEM, ingin membimbing mahasiswa semester bawah dengan cara memotivasi mereka lewat seminar seperti ini,” katanya.

Melihat fenomena lingkungan sekitar—banyaknya pemuda yang terjerumus dalam pergaulan bebas dan perilaku menyimpang, Putra mengungkapkan bahwa pada hakikatnya, orang yang buruk sekalipun kalau didekati dengan kasih sayang dan menghormatinya, pasti akan kembali baik.

Dalam pemaparan materinya, Dasuki SH, MH—Perwakilan PKPU, menyinggung masalah pergaulan bebas dan menyimpang. Tidak hanya itu, ia juga jelaskan mengenai bagaimana cara menjadi pelopor kesuksesan. “Untuk jadi mahasiswa yang kreatif dan produktif, mahasiswa harus pelajari lima strategi dalam manajemen: planning (perencanaan), organizing (menyusun ), actuating (pelaksanaan), kontroling (mengontrol) dan evaluating (evaluasi). Hidup itu pilihan, terserah mahasiswa mau jadi apa,” ungkapnya.

Di tengah-tengah pemaparan materinya, Dasuki memutarkan beberapa video memotivasi. Video pertama mengenai anak yang melampiaskan luapan emosinya melalui break dance. “Anak ini banyak masalah, di keluarga maupun di sekolah. Namun, ia meluapkan emosinya lewat break dance, dan itu sangat positif. Seharusnya mahasiswa seperti ini, tidak meluapkannya melalui pergaulan bebas dan menyimpang,” jelasnya.

Alda Garlint—Ketua Pelaksana menjelaskan mengenai agenda kegiatannya. Di mana, seharusnya seminar tersebut dilaksanakan di Auditorium Fakultas Hukum, namun karena bentrok dengan kegiatan lain, ia dialihkan ke PKM.

Tidak hanya seminar yang diadakan, Alda mengatakan, bahwa BEM Fakultas Hukum juga adakan outbound di Gor Voli UIR. kegiatan kedua tersebut dilaksanakan setelah acara seminar usai. “Itu juga dipindahkan lokasinya, sebelumnya kami telah acc di Stadion, tapi karena ada yang make, kami kembali dialihkan ke Gor Voli. Walau dipindah-pindah tempatnya, kami akan tetap laksanakan outbound ini.” Tutupnya.

Menurut Mifta Hulkhaini—peserta, seminar tersebut sangat bermanfaat, memotivasi, dan menghiburnya. “Acaranya tidak monoton (kaku), karena ada penampilan seni juga dari Mahasiswa Patani. Mungkin, seminar seperti ini harus diadakan lagi, karena bagus dan mendidik.” Tuturnya. (Reporter: Venny Rahmayani)

Editor: Dede Mutiara Yaste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *