Hima Administrasi Hukum UIR Taja Pelatihan Public Speaking

Himpunan Mahasiswa Administrasi Hukum Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Riau (UIR) adakan Pelatihan Public Speaking di Aula FH lantai satu, Sabtu (14/05).

“Latar belakang pelatihan ini, karena melihat banyaknya mahasiswa Fakultas Hukum yang kurang percaya diri ketika berbicara di depan umum,” ungkap ketua panitia, Ali Zuryat Hakim.

Pelatihan yang terdiri dari dua sesi tersebut, diisi oleh Rico Febputra SH, Alumni FH UIR yang berikan motivasi-motivasi dan Admiral SH MH, Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dengan materi tentang The Basic of Public Speaking.

Rico menyampaikan motivasi pada peserta melalui sebuah video tentang memuat perjalanan seseorang yang melawan ketakutan pada diri sendiri di tengah kekurangannya dalam berjuang meraih kesuksesan. “Di perjalanan menuju kesuksesan pasti ada orang yang tidak menyukai kita, jadi itu adalah tantangan bagi kita untuk terus berjuang menuju keberhasilan. Kunci meraih kesuksesan ialah rasa percaya diri, dan kita harus berjuang untuk dapatkan kesuksesan, meskipun banyak tantangannya,” ujar Rico usai pemutaran video.

Admiral SH MH, dalam materinya menyampaikan seputar Public Speaking. Menurutnya ialah sebuah ilmu pidato dan seni bagaimana berbicara di depan umum. Selain itu ia juga terangkan tujuan dari public speaking untuk mempengaruhi, membujuk atau mengajak, menghibur, serta menginformasikan. “Dalam berbicara di depan umum kita harus dapat mempengaruhi audiens kita. Tekniknya dalam public speaking itu kita harus mengetahui ilmu pidato, memperhatikan postur tubuh, intonasi, pilihan kata, catatan berbicara, lelucon, dan mengembangkan hubungan atau interaksi dengan penonton,” tutur Admiral.

Tidak hanya itu, Admiral juga sampaikan meteri hal-hal dasar dalam public speaking, seperti siapa yang berbicara, tentang apa, siapa yang mendengarkan, media apa yang digunakan, dan apa efeknya. Ia menyarankan setiap speaker harus mampu gunakan otak untuk berpikir keras, mendengar, melihat dan membaca banyak hal, serta latihan. “Agar sukses dalam berbicara depan umum pembicara harus tenang, percaya diri, memulai dengan pembukaan dan penutup yang baik.” terangnya.

Serly Monica, Mahasiswa Ilmu Hukum semester 4 mengatakan, bahwasannya kegiatan tersebut sangat berguna baginya, di mana apa yang disampaikan pemateri tersebut mampu membantunya dalam presentasi mata kuliah di kelas. Tidak hanya itu, menurutnya kegiatan tersebut bisa turut membantunya dalam persiapan semester atas seperti seminar proposal penelitian. “Jadi sangat berguna ilmunya, untuk hilangkan rasa gugup dan menimbulkan percaya diri saya,” katanya.

Reporter: Venny Rahmayani (Reporter Magang AKLaMASI)
Editor: Dede Mutiara Yaste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *