Wajah Baru Prodi Pendidikan Guru Raudatul Athfal (PGRA)

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (UIR) resmi memiliki program studi (Prodi) baru, yaitu Prodi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) atau pendidikan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kementerian Agama Provinsi Riau keluarkan izin Prodi PGRA pada 14 September 2015, sedangkan Surat Keputusan (SK) pada 25 September 2015.

Zulkifli Rusby, Dekan FAI mengatakan, Meski FAI telah miliki studi Tarbiah (Keguruan) dan Ekonomi Islam, kedua hal tersebut berbeda. jika Tarbiah berkonsentrasi pada agama saja, sementara PGRA lebih cenderung pada pendidikan anak-anak berbasis Islam Terpadu.

“Sebelum kita buka prodi PGRA ini, kami survey banyak jumlah tenaga kerja PGRA dan TK yang belum setara (S1), oleh sebab itu kami bentuk jurusan PGRA ini di FAI, banyak di antara mereka adalah sarjana agama atau tamatan SMA,” jelasnya.

Tahun ajaran 2016 Prodi PGRA resmi dibuka. Dari 12 calon mahasiswa yang mendaftar, ada 10 mahasiswa ikuti perkuliahan, yaitu Budiya Febria Sari, Nur Idayu, Afifah, Yoan Sarasehan, Nur Haliza, Melwany May Pratama, Siti Nurhayati, Suwaibah Bueraheng, Aminah Kiya, Suraiya Chedeng. Tiga dari 10 mahasiswa tersebut berasal dari Patani, Thailand.

Banyak alasan yang diungkap mahasiswa yang memilih masuk PGRA, seperti beberapa mahasiswa asal Patani. Seperti Suwaibah Bueraheng, di mana ia ingin mengajar anak-anak di bawah umur. Sedangkan Suraiya Chedeng, menjelaskan bahwa ditempatnya kurang adanya pendidikan anak. Namun, bagi Aminah Kiya, ia ingin mengajar anak-anak di sana (Patani), sebab tidak ada guru yang mengajar menggunakan Bahasa Melayu.

Reporter : Rega Al Susar (Magang)
Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *