Forum Pers Mahasiswa Langsungkan Musyawarah Tahunan dan Pemilihan Koordinator

Enam tahun sudah Forum Pers Mahasiswa (Fopersma) eksis di Pekanbaru, terhitung sejak 2010. Eksistensi ini terbukti dengan adanya Musyawarah Tahunan (Mustah) yang diadakan Minggu (2/10) di gedung Sekretariat Kegiatan Mahasiswas Universitas Islam Riau. Mustah membahas Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Yosa Satrama Putra, Koordinator Fopersma 2015-2016 dan pemilihan koordinator Fopersma selanjutnya.

Di LPJ Yosa, terdapat tiga program kerja selama ia menjabat. Dari ketiga program kerja tersebut, hanya dua yang terlaksana, pertama meningkatkan mutu sumber daya manusia di setiap anggota Fopersma. Hal tersebut dilaksanakan dengan kelas narasi bersama Chik Rini. Kedua, diskusi solidaritas sensor pers mahasiswa dan kekerasan terhadap wartawan serta evaluasi majalah. Sedangkan, menjalin kerjasama untuk meluas jaringan dan menghidupkan kembali blog Fopersma sebagai media alternaif tidak terlaksana. Di luar dari program kerja, Fopersma juga menghadiri diskusi bersama Jikalahari dan juga mengisi space pameran di Lancang Kuning Artfest 2016.

“Ada pekerjaan yang tidak bisa ditolak serta skripsi yang harus diurus, disitulah kendalanya. Namun, hingga saat ini teman-teman Fopersma terus bisa berkomunikasi dengan saya, seperti Suryadi dan Fadli yang bertanya apa agenda untuk Fopersma dan itu yang terpenting,” jelas Yosa.

Menanggapi hal tersebut, Suryadi dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bahana Mahasiswa Universitas Riau, mengungkapkan – tidak harus ada hal tertentu dulu baru kumpul, untuk evaluasi majalah kita tidak perlu menunggu semua majalah LPM selesai. Karena itu bergantung internal setiap LPM, yang terpenting jika satu LPM sudah selesai majalahnya langsung dievaluasi. Selain itu, jikalau Yosa selaku koordinator tidak bisa mengurus suatu acara atau diskusi bisa didelegasikan ke LPM.

Setelah berdiskusi terkait LPJ, pemilihan koordinator Fopersma 2016-2017 dilakukan. Pemilihan bersifat estafet. Setelah koordinator perwakilan dari Aklamasi UIR, akan dilanjutkan dengan Bahana Mahasiswa. Pemilihan ditentukan dengan kriteria-kriteria yang sudah pernah menjabat redaktur, masih mahasiswa, telah berkecimpung lama di Fopersma dan pernah mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN). Hal ini pun disepakati dan dipilih Jeffri Sianturi sebagai koordinator Fopersma selanjutnya.

Yosa Satrama Putra berharap bahwa semoga Fopersma tetap konsisten dalam pembentukan jurnalis-jurnalis baik di Riau. Selain itu, Fopersma sebagai media alternatif bagi masyaratkat bisa memantau media-media mainstream di Riau. Sebab Fopersma adalah sebagai wadah calon jurnalis-jurnalis yang ada di Riau.

Reporter : Widya Septyati
Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *