Pameran Foto Mahasiswa FIKOM UIR

Kamis (15/12) merupakan hari pertama Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UIR melaksanakan Ujian Akhir Semester. Bersamaan dengan itu, dosen Mata Kuliah Fotografi mengadakan kegiatan pameran foto hasil karya mahasiswa yang dipajang di lantai satu Fikom. Pameran foto yang akan berlangsung selama sepekan ujian.

Belasan foto yang dipamerkan merupakan hasil tugas Mata Kuliah Fotografi Mahasiswa Fikom semester lima, yang di ampu oleh Harry Setiawan, M.I.Kom. Foto-foto yang terpilih merupakan hasil seleksi dari setiap kelas, yang menjadi foto terbaik.

Dari seluruh foto yang dipamerkan, terlihan banyak foto yang menampilkan sisi humanist. Foto-foto bertemakan Human Interest yang menampilkan sisi kerasnya kehidupan. Seperti foto yang dipajang oleh kelompok 4, kelas 5.D yang menceritakan tentang “Kerasnya Hidup di Kota Pekanbaru”. Foto yang menampilkan para laki-laki dan wanita paruhbaya yang masih berusaha mencari nafkah di Kota Pekanbaru.

Kegiatan pameran foto dilakukan setiap tahun selama ujian. Hal ini di jelaskan oleh Harry Setiawan selaku dosen Fotografi Fikom UIR, “Selama setiap ujian itu kawan-kawan mahasiswa selalu mengadakan pemeran. Cuma dalam tahun ini saya coba nuansa baru, yaitu foto essay, jadi mahasiswa motret tidak melulu harus soal estetika, tapi foto itu harus punya cerita dan unsur komunikatif,” ujarnya.

Dalam hal ini Harry juga menjelaskan tujuanya mengadakan kegiatan ini agar mahasiswa dapat mengetahui tentang penjiwaan dalam mengambil sebuah gambar dan terkait konsep-konsep Fotografi. “Melakukan pengambilan sebuah gambar dengan kamera memang gampang dalam arti teknisnya bisa dipelajari, tapi yang perlu mereka ketahui tentang pemaknaan konsep.” Ungkap Harry.

Harry juga menjelaskan, karena mendapat respon yang baik dari mahasiswa,rencananya tahun depan akan kembali mengadakan pameran foto, masih tetap foto bernuansa essay, dan nuansa lainnya seperti jurnalistik.

M.Rio Viqbos Pardede, salah satu mahasiswa Fikom UIR semester lima yang fotonya terpilih untuk dipamerkan memandang kegiatan ini sebagai ajang untuk bisa berkarya. “Sebenarnya ini merupakan tugas dari dosen fotografi, jadi hasil foto yang menang penilaian kemudian dipamerkan. Namun ini juga menjadi kesempatan untuk kita bisa berkarya lebih,” ujarnya.

Rio juga menuturkan jika foto yang ia ambil memiliki tema Human Interest, dan setiap foto-foto memiliki cerita yang berkesinambungan. “Alasan kelompok kami mengambil tema Human Interest, karena tema tersebut lebih dapat penjiwaan ceritanya seperti, sedih, duka, dan kesusahan yang pastinya menceritakan tentang kehidupan manusia.” ungkap Rio.

Rio berharap agar kegiatan seperti pameran foto bisa terus berjalan, setidaknya seminggu sekali. Karena menurutnya, ini merupakan ajang bagi mahasiswa Fikom dalam mengasah kreativitas dan menunjukkan karya.

Reporter : Refno (Magang AKLaMASI)
Editor : Laras Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *