OASE Taja Pelatihan Guru Paud

Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) datang ke Universitas Islam Riau (UIR) dalam rangka memberikan pelatihan yang ditujukan untuk guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Riau pada Rabu, (29/3). Tema pelatihan “Pembentukan Karakter, pendekatan saintifik, Membangun Akhlak, Daya Pikir Kritis, dan Kreativitas Anak”. Adapun perwakilan guru yang hadir dari kabupaten-kabupaten di Riau seperti Bengkalis, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bangkinang, Kerinci dan Pekanbaru. Pelatihan ini diadakan mulai Rabu (29/3) hingga Jumat (31/3).

OASE merupakan gagasan yang di buat oleh ibu negara, Iriana Joko Widodo. Organisasi ini berfokus pada tiga aspek, pendidikan karakter, peningkatan kualitas keluarga, dan sosial budaya.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Ketua Bidang Pendidikan dan Karakter, anggota pemerintahan, Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Guru PAUD dan Rektor UIR beserta jajarannya.

Iriana Joko Widodo juga turut hadir dalam acara ini. Ia hadir pada hari pertama pelatihan, ia tiba di tempat pelatihan pada pukul 11.00. Para peserta sangat antusias dengan kedatangan ibu negara, terlihat mereka berlomba mengajukan tangan ketika ibu negara memberikan salam dan menyapa guru PAUD dari berbagai daerah. Suara khas Jawanya masih terdengar medok. Selain itu, para guru juga diberi kesempatan untuk menyampaikan keluh kesahnya ditempat ia mengajar.

Jadwal materi di hari pertama meliputi Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini, Teknis Pengaliran Sembilan Pilar Karakter (Pilar 1-3), Prinsip-prinsip Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter dan Bercerita Membangun Karakter. Hari kedua melakukan Senam Bis Sekolah, disambung dengan Komunikasi Efektif Membangun Karakter Pengaliran Sembilan Pilar Karakter (4-6) dan (7-K4), Literasi Membangun Karakter untuk Anak Usia Dini serta Kreativitas untuk Membangun Karakter.

Di hari terakhir, pemutaran video game kekerasan dan pornografi, lanjut pada materi Pendekatan Saintifik pada Kegiatan Anak di Usia Dini, Sistem Evaluasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dan Training Motivasi.

Ema, salah satu guru PAUD Al-Latif mengatakan, pelatihan ini sangat berguna, karena untuk menambah kemampuan kami untuk membangun karakter anak-anak dan juga menerapkannya pada kami sendiri.

“Semoga selalu diadakan kegiatan seperti ini lagi karena ini sangat menambah pengetahuan kami soal cara mendidik anak dan juga membangun karakter anak,” ujar susi, rekan Ema.

 

Reporter : Muhammad Qardawi

Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *