Penerimaan Calon Mahasiswa Baru UIR

Universitas Islam Riau (UIR) telah buka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru (PCMB) dilakukan secara online di spmb.uir.ac.id. gelombang pertama telah dibuka sejak 1 April dan akan di tutup pada 3 Juni 2017 dan gelombang kedua akan dibuka pada 12 Juni hingga 5 Agustus 2017.

Tidak seluruh Program Studi (Prodi) di UIR membuka gelombang kedua. Ilmu hukum, Ilmu Pemerintahan, Teknik Perminyakan dan Teknik Informatika hanya membuka satu gelombang. Prodi yang membuka gelombang kedua hanya menerima setengah dari jumlah mahasiswa yang lulus di gelombang pertama.

“Kampus negeri dan swasta itu sama saja, yang membedakannya hanya berakreditasi dan tidak berakreditasi, prodi di UIR rata rata memiliki akreditasi A dan B, tinggal dua prodi yang berakreditasi C,” ungkap Dr. Nurman, S.Sos.,MSi (Wakil Rektor 1).

Seleksi masuk UIR akan di berlakukan tiga bentuk tes, computer test, paper test dan tes urin. Computer test dilaksanakan di ruangan yang telah di sediakan pihak kampus, hasil tes bisa langsung dilihat pada hari itu dan paper test dilakukan pada ruang perkuliahan yang biasa di gunakan.

Mahasiswa yang lulus kedua tes tersebut di wajibkan membayar setengah uang daftar ulang. Meski demikian belum ada jaminan mahasiswa diterima, akan ada tes urin selanjutnya yang di berikan untuk memastikan bahwa Mahasiswa Baru (Maba) bersih dari narkoba. “Jika calon mahasiswa terbukti mengkonsumsi narkoba maka akan di gagalkan hasil kelulusannya,” tambahnya.

Lanjut Nurman, bagi siswa rekomendasi dari sekolah asal akan di bebaskan dari tes PCMB dan bebas memilih jurusan, siswa hafal Alquran hingga 20 jus, akan mendapat keringanan berupa gratis pembayaran Sistem Kredit Semester (SKS dan hafiz Alquran 30 jus akan di berikan beasiswa kuliah selama empat tahun dengan syarat bisa dan mau menjadi mentor bagi mahasiswa lain di pengajian rutin yang diadakan.

“Jumlah Pembayaran SKS untuk mahasiswa baru sama seperti mahasiswa 2016/2017, tidak ada mengalami kenaikan seperti tahun sebelumnya,” tutupnya.

 

Reporter : M. Arif Budiman

Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *