UIR Expo dan Job Fair

Kegiatan mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) Expo & Job Fair 2017 yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan (PKM) selama dua hari sejak Selasa hingga Rabu, (11-12/4) “Bersama Membangun Masa Depan” mampu menyedot cukup banyak animo peserta yang hadir  diantaranya mahasiswa dan alumni. Terlihat di halaman PKM beberapa stand menjual berbagai usaha kreatif seperti makanan, minuman, layanan jasa seperti cuci sepatu, fotografi dan panggung band yang disediakan gratis bagi siapa saja yang ingin tampil terlihat selalu diisi dan menghibur dengan hentakan-hentakan musik rock dan pop yang bermain. Didalam gedung PKM berjejer rapi meja-meja pelaku usaha yang membuka lowongan pekerjaan.

UIR Expo dan Job Fair 2017 adalah dua kegiatan yang berbeda.  UIR Expo untuk siapa saja yang ingin memperkenalkan usahanya sedangkan Job Fair untuk perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan bagian dari agenda gratis UIR setelah workshop dan wisuda. Workshop tersebut merupakan persiapan menghadapi dunia kerja dan melatih dalam pembuatan Curriculum Vitae (CV) serta interview. Di lanjutkan dengan wisuda dengan pemberian aplikasi. Dan untuk kerja lapangan diberikan job fair yang sesuai dengan kebutuhan. Mahasiswa yang tidak mengikuti workshop tidak akan mendapat sertifikat dan tidak diperbolehkan mengambil toga merupakan sistem baru dalam target UIR Unggul 2020.

Ilham Akbar (Panitia Job Fair dan juga Mahasiswa Teknik Perminyakan UIR) – Tim pelaksana dari tim kreatif UIR diantaranya mahasiswa dari Fakultas Teknik Informatika, Sipil, dan Perminyakan dan ketua pelaksana Amris dari Kepala Badan Kemahasiswaan dan Alumni (BKA).

Kegiatan job fair bertujuan menjembatani dan menyediakan tempat bagi alumni UIR yang mencari pekerjaan dari perusahaan yang membuka lowongan serta mengurangi jumlah pengangguran di Pekanbaru. Terdapat 13 perusahaan yang bekerjasama pada kegiatan UIR Expo dan Job Fair.

“Tidak ingin memberi waktu menganggur kepada wisudawan terlalu lama, jadi kita ingin setelah wisuda dia langsung bekerja dan yang bekerja nanti bisa mewujudkan Visi Misi UIR unggul 2020,” tuturnya.

Ilham menambahkan bahwa panitia yang meminta legalitas dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kemudian menjemput bola dari perusahaan-perusahaan, jadi surat resmi dari Disnaker untuk kita mempermudah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Pekanbaru.

Riski hendrawan (HRD Recuirtmen Officer Bank Danamon) – Menceritakan pengalamannya ketika menjadi pemateri di Workshop UIR, mengenai pengenalan dunia kerja, trik membuat CV dan  lamaran Psikotes. Namun saya menyesalkan jumlah dari Alumni UIR yang mendaftar hanya 30 % tidak tau sebab apa kendala dan ada juga beberapa yang mengatakan baru tau informasi.

Aktif di Organisasi dan pernah menjadi ketua HMJ mengantarkan di posisinya sekarang ini. Dan kepada mahasiswa manfaatkan kuliah sebaik mungkin. “Kuliah hanya sebentar satu hari paling lama hanya 6 jam dua SKS atau 4 SKS, jadi punya banyak waktu bersisa maka manfaatkan untuk organisasi seperti HMJ, DEMA , BEM, LPM, MENWA, PMI dan lainnya,” jelas Riski.

Ficos Junio Syandra (Alumni STKIP PGRI Padang jurusan Pendidikan Geografi 2015) mengaku mendapat info Job Fair ini dari Google akses Riau dan melamar pekerjaan kepada Matahari dan Unistar bagian Sales Marketing, karena itu yang memenuhi syarat umur. Dan “Pihak panitia dalam pelayanannya juga bagus dalam memberi jawabannya, namun ia juga mengeluhkan terkait persyaratan lowongan, IPK yang tinggi dan postur tubuh serta pembatasan umur.”

Ryan Zulmi (Alumni Hubungan Internasional Fisip Universitas Riau 2015) – Mendapat info dari media sosial yang di share kawannya, dan memuji pelayanan serta sambutan dari panitia. Dan “Kritik kepada panitia agar kiranya sampah-sampah seperti ini bisa lebih dibersihkan agar lebih memberikan kesan nyaman dan kalau segi pelayanan tadi ini cukup bagus.”

Berlanjut ke bagian Expo di halaman PKM diantaranya pameran Foto Nature dari Imagine Frame Work menyajikan foto-foto artistik pemandangan alam. “Ya ini sebagian dari DSLR dan juga smartphone untuk bagian editing kami hanya pewarnaan saja di Photoshop,” jelas Usman Basyah mahasiswa semester dua Fakultas Ilmu Komunikasi.

Stand layanan cuci sepatu dari  Mr.Sikel membuka jasa cuci sepatu bagian luar dan dalam, selain itu juga menerima cuci tas.  “Pekerjaan ini tidak mengganggunya dalam perkuliahan, karna jadwal saya kuliah hanya 3 hari, ya dari pada saya tidur-tiduran ga jelas di kos, ya saya bekerja disini dan hasilnya alhamdullilah cukup lumayan juga,” ucap Reza Mahasiswa Manajemen UIR.

 

Reporter : Tomi Ericson Ginting (Magang)

Editor : Sofiah

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *