Pesona Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung, Pesawaran Lampung

Membutuhkan waktu satu jam tiga puluh menit untuk menuju lokasi Pantai Sari Ringgung, Pesawaran Lampung dengan menggunakan bus dari pusat ibukota provinsi. Memasuki kawasan pantai Sari Ringgung pengunjung langsung disugukan dengan panorama alam indah nan sejuk. Selain itu pantainya yang jernih serta biru membuat mata semakin kalap untuk menikmati pesona alamnya.

Fasilitas di pantai ini sudah dilengkapi dengan tempat menginap, toilet, kamar mandi dan tempat bermain anak. Masyarakat sekitar pantai dominan dengan mata pencaharian nelayan. Adalah hal lumrah di daerah manapun.

Tak hanya itu, barisan pendopo di bibir pantai dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati sepoinya angin yang berlalu lalang dan perahu kecil berjejer siap mengantarkan pengunjung ketempat yang telah terhubung dengan pantai tersebut, seperti Pulau Tegal, Batu Payung (Surga Snortkling wisatawan lokal) dan Pasir Timbul (Terbentuk secara alami di tengah lautan) serta Cafe D’Apung (Menjual pesona alam, sehingga makanan sangat mahal).

Dalam perjalanan menuju lokasi tersebut, pengunjung juga bisa menikmati hamparan pulau-pulau kecil yang tak kalah menarik dengan Raja Ampat. Di kawasan pantai tersebut juga terdapat masjid yang menjadi simbol dan pertemuan antar warga. Masjid akan ramai saat warga melaksanakan ibadah sholat Jumat.

Namun, dibalik alamnya yang indah di daerah Pulau Tegal tepatnya di Desa Tegal terdapat satu Sekolah Dasar (SD) dengan kondisi yang memilukan. Sekolah tersebut hanya terdapat satu ruangan untuk dua kelas yaitu kelas satu dan dua serta satu tenaga pengajar. Selain itu, siswa-siswi disana juga tidak seluruhnya memakai seragam layaknya siswa-siswi pada umumnya begitu juga dengan umurnya. Hal itu tidak menyurutkan mereka untuk sekolah.

Untuk melanjutkan ke kelas tiga sampai lulus SD, siswa dan siswi disana harus pergi keluar pulau di Sidodadi dan Gebang. Dan itu terjadi hanya pada orangtua yang mampu. “Ada dukungan dilanjutkan, tidak ada dukungan mungkin dilanjutkan, saya berharap agar diperhatikan pemerintah,” ucap Basri guru SD tersebut.

Keterangan : Pesisir Pantai Sari Ringgung, Pesaawaran Lampung.

Keterangan : Pengunjung memanfaatkan foto sebelum menuju puncak Indah Sari Ringgung.

Keterangan : Pengunjung tengah memanfaatkan aktivitas berfoto di puncak Pantai Sari Ringgung.

Keterangan : Tampak dari atas Pantai Sari Ringgung.

Keterangan : Masjid yang dijadikan pertemuan antar warga dan akan ramai pada saat melaksanakan sholat Jumat.

Keterangan : Perahu-perahu siap mengantarkan pengunjung ke tempat yang dituju.

Keterangan : Pengunjung tengah berlayar menuju tempat di daerah Pantai Sari Ringgung.

Keterangan : Siswa-siswi tengah melangsungkan belajar.

 

 

Reporter : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *