Mapedalhi Mappsy – Peduli Anak Istimewa

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Mapedalhi Mappsy Fakultas Psikologi UIR taja kegiatan bersempena hari pendidikan nasional, “Peduli Anak Istimewa, Aku Anak Indonesia Berperilaku Sehat, Cerdas Dan Peduli Lingkungan.” Sabtu, (13/5) di Fakultas Psikologi UIR. Diikuti 30 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Kasih Ibu dan komunitas-komunitas di Pekanbaru diantaranya Earth Hour Pekanbaru, Trail Runners Pekanbaru, Cimsa Fakultas kedokteran UR, MTMA Riau, Pondok Belantara, rekan-rekan Se-Mapala UIR.

Rangkaian kegiatan penyuluhan bersih tubuh (mandi, gosok gigi, cuci tangan), walk nature and plant tree’s (Drama lingkungan, diet kantong plastik), mewarnai, kreasi origami, dan penampilan bakat siswa. Tujuan kegiatan untuk memberikan pendidikan lingkungan kepada siswa SLB serta perilaku hidup sehat. Selain itu, membuktikan kepada masyarakat luas, bahwa anak berkebutuhan khusus juga memiliki semangat dan kreatifitas yang luar biasa.

“Semua ini dibuktikan dengan penampilan-penampilan mereka pada saat kegiatan serta semangat mereka dalammengikuti agenda kegiatan,” ucap mayandri Dwi Lestari selaku Ketua Pelaksana.

Panitia berkolaborasi dengan Earth Hour Pekanbaru untuk mengajarkan kepada adik-adik serta para tamu undangan untuk diet kantong plastik. Aksi yang dilakukan adalah membuat reusable bag dari baju dan kaos bekas untuk memberikan pengetahuan kepada peserta bahwa kantong plastik itu berbahaya. Jadi, hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik.

Dekka Afi (Koordinator Earth Hour Pekanbaru) berpendapat bahwa ini kegiatan yang menarik, dimana anak-anak istimewa diikutsertakan dalam kegiatan lingkungan, menjadikan anak-anak mengerti tentang pendidikan lingkungan, karena sebelumnya jarang sekali diikutsertakan.

Masteni (Kepala SLB Kasih Ibu) katakan agar acara ini menjadi bagian kegiatan rutin dari Mapala Mapedalhi Mappsy Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau (UIR).

 

Kontibutor : Mayandri Dwi Lestari

Editor : Sofiah

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *