UIR – Tes Gelombang I

Penerimaan mahasiswa baru kembali di buka oleh Universitas Islam Riau (UIR). Penerimaan tahun 2017 di buka dalam dua gelombang. Gelombang pertama di laksanakan pada 5-6 Juni 2017 dan akan diumumkan pada 9 Juni 2017. Pendaftaran gelombang kedua pada 12 Juni hingga 5 Agustus 2017 dan tes 7-8 Agustus 2017 serta pengumuman pada 11 Agustus 2017.

Tes gelombang pertama dilakukan terpisah antara jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), untuk tes IPS (5/6) sedangkan tes IPA (6/6). Ruangan tes PCMB IPS gelombang pertama di Fakultas Hukum, Fakultas sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ekonomi.

Tahun 2017 UIR membuka tiga metode Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB). Calon mahasiswa baru diterima melalui undangan atau unggul sekolah, tes komputer, dan tes tertulis.

Mahasiswa undangan di UIR diterima tanpa tes dan atas dasar rekomendasi kepala sekolah, tes komputer dilaksanakan di ruangan yang telah di sediakan pihak kampus, hasil tes bisa langsung dilihat pada hari itu. Namun, saat ini UIR tidak menerima peminat pada tes komputer. Meski demikian, tahun depan tetap akan dilaksanakan. Dan tes tertulis dilakukan pada ruang perkuliahan yang biasa di gunakan. Jumlah peserta pada tes tertulis sebanyak 3.126.

Perbedaan tes PCMB dengan tahun lalu terletak pada tes kedua, yaitu tes komputer.  “Perbedaannya ada pada tes kedua yaitu tes komputer, barangkali mungkin ada calon mahasiswa yang gaptek, nantinya akan merugikan dia,” ujar Dr. Nurman, S.Sos. M.si, Wakil Rektor II Bidang Akademik.

 

Reporter : Muhammad Qordawi

Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *