MK Taja Seminar Nasional dan Debat

Universitas Islam Riau (UIR) menjadi tuan rumah Seminar Nasional dan  Kompetisi Debat Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia Tahun 2017 Tingkat Regional Barat. Ditaja oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak 18 Juli hingga 20 Juli di Fakultas Hukum UIR.

Bertemakan “Hak Konstitusi Warga Negara Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Ditinjau Dari Perspektif Otonomi Daerah di Provinsi Riau”.  Adapun nasumber Prof. Dr. Hj. Elllydar Chaidir, SH., M. Hum, Yuliandri, dan Kasiaruddin (Asisten III Gubernur Riau)

Dalam konteks menjalankan kewajiban untuk mengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, negara membagi peran antar tingkat penyelenggara negara dalam melakukan pengelolaan. “Dalam arti konktitnya, peran negara untuk mengadakan kebijakan, tindakan pengurusan, pengaturan, pengelolaan dan pengawasan terhadap sumber daya alam tidak hanya di lakukan oleh pemerintah pusat, melainkan juga didistribusikan sebagiannya kepada pemerintah daerah melalui penerapan asas desentralisasi,” jelas Yuliandri pada Selasa, (18/07).

Selanjutnya Prof. Dr. Hj. Ellydar Chaidir, SH., M. Hum mengatakan bahwa, seharusnya pembentukan peraturan perundang yang mengatur pengelolaan sumber daya alam disarankan untuk merujuk pada ideologi dan kaidah dasar seperti di maksud Alinea IV Pembukuan. “Lalu dalam Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan di pergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat” tutupnya pada Rabu, (19/07).

Setelah melalui acara seminar nasional, esoknya Kamis, (20/7) dilanjutkan kompetisi debat konstitusi yang di ikuti oleh 24 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Tim juri dalam kompetisi debat kali ini berasal dari utusan Mahkamah Konstitusi

“Fakultas UIR meraih harapan 1 dan berhasil memegang tiket untuk kompetisi ke tahap selanjutnya di Jakarta pada Agustus mendatang bersama 8 kontingen yang sudah masuk ke dalam babak semi final” ungkap Wahyu Rusiana (Operator acara).

Babak final dalam kompetisi kali ini, diraih oleh Universitas Padjajaran sebagai pemegang Juara 1, juara II Universitas Indonesia dan juara III Universitas Andalas.

 

Reporter : Venny R

Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *