Kegiatan Mahasiswa Sebagai Penunjang Akreditasi Pertanian

Agribisnis dan perikanan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Riau (UIR) baru-baru ini mendapatkan akreditasi A, yang disahkan pada 13 September 2017 untuk jurusan Perikanan dan 6 Oktober 2017 untuk Agribisnis.

Demi mendapatkan Akreditasi tersebut, ada banyak kinerja yang dilakukan oleh Fakultas dan mahasiswa. Seperti yang diutarakan oleh Nurfaizal Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta, kegiatan aktif dari mahasiswa mendapatkan sumbangan 30% untuk menambah penilaian akreditasi Fakultas.

Saat ini kegiatan yang aktif di Faperta seperti BEM, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain segi kegiatan, dilihat juga dari aktifitas perkuliahan, jumlah mahasiswa aktif dan berapa jumlah mahasiswa yang lulus dari masing-masing jurusan dalam satu tahun.

Faizal katakan bahwa, dalam waktu dekat ini Faperta akan adakan kegiatan pekan Ilmiah Mahasiswa Pertanian Indonesia, kegiatan ini bukan hanya dalam  lingkup Provinsi Riau tapi akan memasuki lingkup Sumatera, “akan dibuat perlombaan karya tulis ilmiah, fotografi dan essai, ini juga salah satu kegiatan yang dilakukan BEM dan Fakultas untuk mempertahankan akreditasinya” ungkapnya.

Menurut Ardianto wakil BEM Faperta,  fasilitas dalam proses pembelajaran sudah cukup baik namun ada sedikit permasalahan dilapangan, yaitu kurangnya sarana produksi dari alat hingga air untuk tanaman. Selain itu kurangnya lahan yang diakibatkan banyaknya pembangunan, sehingga lahan untuk praktikum semakin berkurang dan membuat terhambatnya proses pembelajaran.

“Apalagi kalau jamnya bentrok antara anak praktikum dengan anak penelitian, jadi terpaksalah anak penelitian harus mengantri dulu, hal itu yang sering terjadi dilapangan” tutupnya.

 

Reporter : Yosiatna Amini (Magang)

Editor : Arniati Kurniasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *