Sumpah Pemuda Semangat Pemuda

Indonesia yang beragam disatukan dalam satu kesadaran sebagai satu bangsa, 28 Oktober 1928 adalah Hari Sumpah Pemuda ditetapkan pertama kali. Dan pada 2017 sudah 89 tahun diperingati. Bertujuan membangkitkan semangat pemuda, sadar bernegara. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) menyikapi hari 28 Oktober ini dengan menyelenggarakan serangkaian acara untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Peserta diikuti oleh mahasiswa FKIP UIR khususnya yang tergabung dalam anggota BEM FKIP, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), serta seluruh mahasiswa penerima beasiswa Pemprov Riau.

Tak hanya upacara bendera yang dilaksanakan di GOR Panahan,  BEM FKIP juga mengadakan pawai keliling UIR serta orasi mahasiswa, Sabtu (28/10). “Bertujuan untuk membakar jiwa jiwa yang lemah bernegara, serta mengingatkan kawan kawan yang tertidur terbangun dan yang terlupa teringat bahwa hari ini adalah hari Sumpah Pemuda, yang mana seharusnya pemuda sadar bahwa mereka dilahirkan untuk membangun negara,” tutur Hengky Primana — Gubernur BEM FKIP UIR.

“Mahasiswa adalah pemuda, sangatlah lucu ketika seorang pemuda tidak punya suatu hal yang berkaitan dengan kepemudaan mereka sendiri. Namun, saat ini pemuda telah lupa jati diri mereka, membuat keonaran serta kegaduhan yang meresahkan warga, tawuran serta ugal ugalan di jalanan,” ucap Muslim,S.Kar,.M.Sn – Wakil Dekan III FKIP Bidang Kemahasiswaan dan Alumni saat upacara berlangsung.

Muslim menambahkan – saya sangat apresiasi sekali kepada BEM FKIP yang sudah memiliki sikap yang sadar bernegara, FKIP yang nanti mahasiswanya akan menjadi tenaga pendidik sudah memiliki gambaran calon guru yang patuh terhadap hari hari bersejarah negara, hari yang perlu diingat, bagaimana sumpah pemuda itu di cetuskan. Sikap yang menyadari tentang apa yang harus di ajarkan kepada siswa nanti, yaitu sikap berkenegaraan.

 

Reporter : Putri Anugrah

Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *