Baper Bareng Kisah Cinta Rasullullah

Acara tablig akbar yang ditaja oleh himpunan mahasatri ma’had Al-Munawwarah UIR (Universitas Islam Riau), dengan topik meneladani kisa Cinta Rasullah Yang Bikin Baper (Bawa Perubahan).

Bersama ustaz Dr. Zulkarnain Umar, M.Si–Dai sekaligus pembina remaja An-nur, dan ustaz Doni Putra, Lc, M.Hum–Dai sahabat hijrah. 

Acara ini merupakan sekaligus pelantikan pengurus baru himpunan Mahasatri Ma’had Al-Munawarah UIR. Bertempat diauditorium fakultas hukum, sabtu (9/12).

Dengan Budi harianto sebagai ketua yang baru.
Ahmad hidayatullah sekretaris, dan Ahmad bendahara. Juga dilengkapi beberapa divisi seperti divisi TK2M (tim kreatif mahasatri Ma’had), divisi olahraga dan kesehatan, divisi syi’ar & dakwah, divisi keamanan serta divisi keputrian.
Dalam acara ini juga ditayangkan sebuah film singkat dari Satriawan dengan judul ‘subuh kesiangan, kuliahku berantakan.’

Pengurus baru yang dilantik (AKLAMASI/Nisa Hassanah)

Dalam sambutannya, ustaz Ahmad Tarmizi LC,. MA selaku Pembina Ma’had Al-Munawwarah UIR ucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik, kiranya semakin berkembang dan lebih bersemangat lagi. “Tidak hanya ditingkat kampus, diharapkan juga berkembang di tingkat nasional sehingga mampu menunjang visi UIR unggul 2020.” Ujarnya.

Kemudian WR III (Wakil Rektor III) Ir. Rosyadi, M.Si dalam sambutannya katakan selamat kepada pengurus yang baru, kemudian menghimbau agar lebih ditingkatkannya lagi nilai keislaman di UIR. Juga memberikan motivasi dan dukungan kepada tahfidz Al-Qur’an dengan adanya beasiswa dari pihak rektorat.
“Aturannya telah diatur dan di serahkan kepada fakultas-fakultas yang ada di UIR,” ujarnya.

Dalam materinya ustaz Zulkarnain bercerita tentang kehadiran nabi Muhammad di dunia ini adalah bentuk cinta Allah kepada manusia agar ada yang membimbing perilaku umat manusia.

Dan kecintaan nabi kepada kaumnnya sangatlah besar, hingga diakhir hayatnya yang dipikirkan hanyalah umatnya. Hal itu tertera disurat At-Tauba.

Ia juga mengatakan bahwa cinta itu adalah perlakuan hati yang wujudnya perbuatan. Sehingga apapun yang kita lakukan, mencerminkan seberapa cinta kita kepada hal tersebut.

Kemudian ustaz Doni, ia katakan bahwa tidak akan ada yang mampu bersikap adil karena cinta itu fitrah yang ada karena sendirinya.
Dan menceritakan bagaimana perjuangan nabi muhammad menyebarkan agama islam di Mekah hingga Madina dan kisah sang muazin rasul.
“sewaktu rasul masih menyebarkan agama Islam, beliau diserang oleh kaum quraisy dan beliau berdoa ya Allah aku cinta kepada mereka aku sayang pada mereka, perilaku yang mereka lakukan padaku dikarenakan mereka tidak tahu” ujarnya meniru ucapan rasul.

Ia juga menjelaskan tentang kisah cinta sahabat nabi Muhammad, yakni kisah Bilal yang mengundurkan diri sebagai muazin karena ia tak sanggup lagi selalu terbayang dengan nabi Muhammad. Dan Abu bakar pun mengabulkan permintaan tersebut.

Namun setelah 6 bulan lebih, suatu malam Bilal bin rabba bermimpi bertemu dengan sang nabi dan beliau mengatakan bahwa bilal bin rabba keras sekali hatinya sehingga ia tidak mau berziarah ke makam nabi.

Dan dengan kecepatan penuh ia menuju ke makam rasullah dan bilal menceritakan tentang mimpinya dan abu bakar mengatakan bahwa air mata umat yang mencitai rasullah tidak akan menyentuh api neraka, abu bakar juga menceritakan bahwa itu tandanya nabi Muhammad menyayangi Bilal bin rabba.

Menjawab pertanyaan peserta tentang bagaimana cara untuk mencintai nabi Muhammad sehingga bisa membawa perubahan, ustaz Zulkarnain katakan yakni dengan melakukan hal-hal yang dilakukan nabi semasa hidupnya. Dan mewujudkan keinginan nabi agar semua umatnya selamat dari azab kubur.

Ia juga menganjurkan kepada para hadirin agar lebih banyak membaca tentang rasullullah dari buku Sirah Nabawiyah. “Barang siapa yang menghidupkan sunnah nabi adalah orang yang mencintai nabi. Dan yang mencintai nabi akan bersama-sama dengan nabi di padang masyar kelak.” tuturnya.

Dinda Afriani Mahasiswa psikologi katakan bahwa acaranya bikin baper, “soalnya ustadnya pandai buat suasana haru dan membuat tekad kita untuk lebih mencintai sang rasul dizaman sekarang ini.” Jelasnya kepada Aklamasi.

Kemudian Azhar mahasiwa teknik sipil kepada Aklamasi katakan bahwa dengan tahunya kisah Rasullulah lebih menebalkan keinginannya untuk bertemu dengan sang nabi dengan melaksanakan sunnah-sunnah untuk kaum ikhwatnya.

Acara tersebut pun diakhri dengan pembacaan doa oleh ustaz Doni dengan deraian air mata tentang keinginan bertemu dengan Nabi dan menolong umat islam yang ada di palestina, menjadi puncaknya haru.

 

 

Reporter : Nisa hassanah (Magang)
Editor : Tomy Ginting

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *