Satwa Sahara Ajak Mahasiswa Peduli Lingkungan

Dalam rangka milad ke-21 Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Satwa Sahara fakultas ekonomi Universitas Islam Riau (Fekon UIR) taja seminar nasional dan talkshow, Peran Mahasiswa Menanggapi Perekonomian yang Berdampak Pada Lingkungan Hidup. Bertempat di auditorium Fekon UIR dengan menghadirkan pemateri Armadi,SE dari Hubungan Masyaratah (Humas) PT. Indah Kiat, Erpan Effendi, AK. MMT,. CA dosen muda Fekon UIR dan Nilson Sihotang, SKM, MSePH sebagai Kepala Bidang (Kabid) pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan. Kamis, (30/8).

Selain seminar, mapala satwa sahara juga mengadakan donor darah yang dilakukan, Jum’at (31/8) di lapangan parkir mobil Fekon pukul 08.00 sampai selesai.

Erpan Effendi dalam materinya menjelaskan bahwa ilmu ekonomi memiliki peran penting dalam ekonomi berkelanjutan demi kesejahteraan rakyat, walaupun demikian dalam penerapannya tetap akan menimbulkan dampak positif maupun negatif, “positifnya seperti meningkatkan devisa dan pendapatan per kapita” terangnya.

Selain itu, Erpan juga menambahkan, bahwasanya mahasiswa harus berperan dalam melestarikan lingkungan, mengelola Sumber Daya Alam (SDA), memantau SDA dan sumbangsih pemikiran.

sedangkan Nilson Sihotang jelaskan, saat ini isu lingkungan tidak hanya sebagai pelengkap atau masalah tambahan dalam justifikasi atau pembenaran sekaligus merupakan alasan, program pembangunan dan telah menjadi bagian dari isu politik,“ pembangunan berkelanjutan sama dengan meningkatkan kualitas hidup dan kualitas lingkungan” ungkapnya.

Nilson juga menjelaskan bahwa generasi saat ini harus memikirkan generasi mendatang, “sebaiknya mulai mengubah kebiasaan penggunaan bahan plastik, dengan cara membawa botol minum sendiri dari rumah dan membawa kantong belanja sendiri saat pergi belanja” tutur Nilson.

 

 

Reporter  : Yenny Elvira

Editor : Arniati Kurniasih

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *