Bangkitkan Degradasi Moral dengan Debat Kebangsaan

Dalam rangka memeriahkan perayaan ulang tahun Universitas Isam Riau (UIR) yang ke-56, UIR adakan kompetisi debat antar Siswa Menengah Atas (SMA) se-Kota Pekanbaru. Pembukaan dilaksanakan di ruangan 1.08 Fakultas Hukum (FH) UIR. Senin, (3/9).

Terdapat 30 sekolah yang mendaftar pada kompetisi ini melalui video simulasi yang dikirimkan ke panitia, namun hanya 8 sekolah yang terpilih seperti  SMAN 1 Pekanbaru ,  SMAN 5, SMAN 8, SMAN  12, SMAN 9, SMA Kalam Kudus, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan juga SMAN Olahraga Provinsi Riau.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci  Alqur’an oleh mahasiswa FH, dan dibuka secara resmi oleh Prof. Syafrinaldi S.H.M.H. selaku Rektor UIR. Dalam sambutannya Syafrinaldi ungkapkan bahwa dalam ulang tahun kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di undangnya siswa SMA dengan tujuan lebih mengenalkan ruang lingkup lingkungan UIR bagi siswa, ” kompetisi debat kebangsaan antar siswa menengah keatas di kota Pekanbaru,dan kita harapkan untuk kedepannya tidak hanya se-Pekanbaru tetapi se-Provinsi Riau” pungkasnya.

Parman –Penanggung jawab acara— jelaskan bahwa kompetisi debat ini sudah direncanakan 3 minggu yang lalu, “ketika sudah didapatkan Surat Keputusan (SK), langung follow up ke fakultas dan pembentukan panitia” Ujarnya.

Selain itu, Parman juga tambahkan kompetisi ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMA tentang pentingnya kebangsaan, dengan melihat kondisi bangsa yang saat ini sudah terjadi penipisan atau degradasi moral, “carut marut hukum dan persoalan negara kita yang sudah berada pada titik nadir” ungkap Parman.

Setelah Pembukaan selesai, dilanjutkan dengan perlombaan debat diruang-ruang kelas FH mulai dari 09.00 wib sampai dengan selesai. Dewan Juri yang diambil dari dosen FH sendiri terdiri dari 4 orang yaitu, July Wiarti Dosen (Hukum Pidana), Asri Muhammad Saleh Dosen (Hukum Ketatanegaraan), Zulkarnain (Kriminologi) Zulfikri Toguan (Hukum Internasional). yang akan menilai sesuai dengan kemampuan para peserta dalam penguasaan materi.

Acara diadakan sampai Selasa, (4/9) di gedung Rektorat, sebagai acara puncak perayaan ulang tahun ini, sesuai dengan lahirnya UIR pada 4 September 1962 . Acara diisi dengan pemberian penghargaan kepada dosen yang sudah mengabdi selama 30 tahun, dan siswa berprestasi, serta masih banyak rangkaian acara lainnya.

 

 

Reporter: Mesy Azmiza Azhar (Magang)

Editor: Arniati Kurniasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *