UIR Sudah Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

 

Oleh: Gerin Rio Pranata

 

Universitas Islam Riau sudah buka pendaftaran mahasiswa untuk tahun ajaran baru. Pendaftaran gelombang pertama mulai dibuka pada 1 Maret s/d 18 Mei 2019. Sedangkan gelombang kedua dibuka pada 27 Mei s/d 27 Juli 2019.

Calon mahasiswa baru harus mengakses kanal http://spmb.uir.ac.id untuk meminta PIN SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), PIN tersebut nantinya digunakan untuk mengisi formulir secara online setelah membayar tagihan PIN.

Kemudian, membayar uang tagihan PIN SPMB sebesar Rp. 300.000 secara tunai ke seluruh cabang Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, Bank Negara Indonesia, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Unisritama di Kampus Universitas Islam Riau atau Kantor Pusat BPR Unisritama di Jalan Soekarno Hatta No. 03 Kubang – Pekanbaru. Transfer dari ATM Bank lain ke Bank Syariah Mandiri atau Bank Mega Syariah (hanya direkomendasikan dari ATM BCA & ATM Bank Mandiri). Pembayaran menggunakan fasilitas ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking dari Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, & Bank Negara Indonesia.

Setelah itu, calon mahasiswa baru akan mendapat kartu ujian untuk mengikuti seleksi. Ada 2 tahap penyeleksian, yaitu paper based test (tertulis) dan CBT (Computer Based Test/ tes berbasis komputer). Khusus CBT tahun ini, selain di Pekanbaru, juga dilaksanakan di Batam dan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Akmar Effendi, kepala BAAK (Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan) UIR, mengatakan khusus calon mahasiswa baru yang memilih jalur prestasi hanya butuh surat rekomendasi dari sekolah. Bahwa calon mahasiswa tersebut memiliki prestasi akademik dari sekolah asalnya.

Pihak UIR juga menawarkan beberapa beasiswa untuk penerimaan mahasiswa di tahun ini. Adapun, Bidikmisi (Biaya pendidikan mahasiswa miskin berprestasi) LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan tinggi) dan Bidikmisi Bakti Negeri Provinsi Riau, beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), beasiswa hafidz Al-Qura’n, dan beasiswa dari zakat dosen dan karyawan UIR.


Editor: Ardian Pratama


 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *