Wajah Baru Mahasiswa Universitas Islam Riau

Oleh : Salmah Siregar

Sejarah berdirinya Universitas Islam Riau (UIR), menjadi awal pembuka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), yang disampaikan langsung oleh ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dr. Nurman, S.Sos., MSi. Selanjutnya kata sambutan oleh rektor UIR  Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH. MCL, kepada 5002 mahasiswa baru di Gedung Olahraga (GOR) voli UIR. Selasa, (3/9).

PKKMB diadakan untuk membantu mahasiswa baru agar lebih mengenal lingkungan kampus, fakultas, jurusan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UIR. selain itu hal ini juga bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa baru dan beradaptasi dengan senior.

Dengan teknik yang berbeda, Tahun ini mahasiswa dikumpulkan di bundaran pintu masuk utama UIR, dengan membawa bendera sepanjang 200 Meter yang dikibarkan. PKKMB ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut.

“hari kedua akan diambil alih oleh pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIR dan pada hari ketiga akan diambil alih oleh pihak Fakultas masing-masing” . ujar Syafriadi ketua Panitia

Penerimaan mahasiswa Tahun ajaran 2019-2020 mengalami peturunan jumlah mahasiswa yang drastis dari tahun 2018-2019 berjumlah 7000 lebih mahasiswa dan pada tahun ini jumlah mahasiswa berkisar 5002 mahasiswa. Rektor UIR mengatakan turunnya jumlah mahasiswa merupakan hal yang disengaja karena rasio dosen dan mahasiswa cukup besar, karena untuk unggul UIR diberi pilihan mengurangi mahasiswa atau menambah dosen? “Kami memilih mengurangi mahasiswa” tegasnya.

Tahun ajaran ini juga Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dasar mahasiswa juga naik dari tahun kemarin, faktor kenaikan SPP dasar ini  dikarenakan untuk memenuhi fasilitas kampus agar menunjang unggulnya UIR. Rektor UIR mengatakan dengan menyediakan fasilitas yang baik dan nyaman akan membuat mahasiswa dan dosen lebih fokus dalam melakukan proses belajar mengajar.

Editor : Janaek Simarmata

Fotografer : Gerin Rio

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *