Kampung Mandiangin Jadi Target Desa Binaan UIR

Oleh: Mesy Azmiza Azhar


Universitas Islam Riau tinjau lokasi desa binaan di Kampung Mandiangin, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Rabu (18/09). Tinjauan lokasi dilakukan untuk peresmian Perpustakaan Desa yang merupakan program desa binaan UIR Bersama dengan PT. Arata Abadi pada Senin (23/09). Program desa binaan ini guna memajukan sumber daya manusia pada desa yang dibina.

Heriyanto, S.P., M.Si., Ketua Divisi Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UIR, mengatakan  bahwa program ini bertujuan untuk membina desa ini menjadi mandiri secara global, baik dari pendapatan, pendidikan, sosial ekonomi, kelembagaan marketing dan lainnya.

“Dari 29 program yang akan dilaksanakan, hal pertama akan dijalankan adalah program pemberdayaan perpustakaan desa. Kemudian, aquaponik dan hidroponik, serta sistem Informasi Teknologi pemerintahan desa berbasis web,” ungkap Heriyanto.

Heriyanto juga katakan kewajiban UIR salah satunya adalah meningkatkan sumber daya manusia melalui pengabdian kepada masyarakat. Maka dilakukanlah lewat desa binaan ini. Karena, Kampung Mandiangin termasuk daerah padat projek sebagai desa percontohan. Selanjutnya, ia katakan UIR akan bina desa lainnya. Sebelumnya, UIR juga pernah bina desa di Siak Meranti, Pelelawan, dan Sungai Pagar.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Ir. H. Rosyadi, M. Si., menuturkan bahwa untuk persiapan yang akan dilakukan pada hari peresmian sudah rampung, “Persiapan kalau kita cek satu-satu sudah cukup, dan yang vital-vitalnya juga sudah terlaksana,” ucapnya

Ia pun menuturkan bahwa acara ini bertujuan untuk menjadikan masyarakat lebih edukatif, dengan rajin membaca tidak hanya lewat buku, tetapi juga dari teknologi seperti perpustakaan online yang digarap pada program ini. Rosyadi juga optimis bahwa desa tersebut dapat maju dikarenakan potensi pemerintah desa yang memiliki integritas yang tinggi, ucapnya saat diwawancarai sore itu.


Editor: Yenny Elvira & Ardian Pratama
Foto: Intan Salfitri


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *