Aliansi Masyarakat Sipil Riau Adakan Aksi Solidaritas


Oleh: Rahmat Amin Siregar


Aliansi masyarakat sipil Riau—terdiri dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mahasiswa, masyarakat umum serta pers mahasiswa gelar aksi solidaritas untuk demokrasi dan keadilan, Jum’at (27/09). Aksi tersebut dilatarbelakangi oleh penangkapan seorang jurnalis Dhandy Laksono dan Ananda Badudu yang ditangkap karena melakukan penggalangan dana untuk masa demonstrasi, serta meninggalnya dua mahasiswa dan satu pelajar Sekolah Menengah Kejuruan akibat demo yang digelar beberapa hari lalu.

Aksi yang dilaksanakan di Tugu Juang Jalan Diponegoro tersebut diawali dengan menyalakan lilin dan doa bersama untuk korban yang meninggal serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa lagu perjuangan lain.

Suryadi—Koordinator Senarai mengungkapkan akan ada aksi susulan terkait isu-isu lainnya, dan diharapkan tuntutan yang mereka suarakan dapat dipenuhi oleh Presiden Joko Widodo.

Adapun tuntutannya yaitu pemecatan Kapolri Tito Karnavian yang telah membiarkan anggotanya bersikap refresif menghadapi mahasiswa maupun wartawan yang terlibat dalam peliputan unjuk rasa, Presiden Jokowi harus bertanggung jawab dan membentuk tim khusus untuk mengusut kekerasan yang dilakukan oleh aparat, serta menangkap dan mengadili oknum aparat yang terbukti membunuh mahasiswa, serta pelajar dan melakukan kekerasan pada wartawan.

Zamzami—Salah satu peserta aksi dan juga seorang wartawan menjelaskan alasan ikut aksi ini sebagai bentuk solidaritas dan protes terhadap kekerasan oleh aparat kepada wartawan ketika melakukan tugas untuk mengumpulkan informasi.


Editor: Yenny Elvira
Foto: Dicky Wahyudi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *