Periode Baru dengan Divisi Baru


Penulis: Syania Nurfitri


Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan Musyawarah Redaksi (Musred) Sabtu (9/11) di Gedung Infrasa Jalan Arifin Ahmad. Dihadiri oleh alumni, pengurus, dan kru AKLaMASI, berlangsung sejak pukul 10.30 WIB pada Sabtu hingga Minggu pukul 16.00 WIB.

Musred tahun ini dipimpin Muhammad Aldi sebagai Pimpinan Musyawarah I, Mesy Azmiza Azhar Pimpinan Musyawarah II, dan Fadhli Abi Rafdi Pimpinan Musyawarah III. Diawali dengan pembacaan agenda musyawarah, pembahasan tata tertib Musred, merevisi kembali Pedoman Dasar Peraturan Manajemen Organisasi (PDPMO), penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPj) kepengurusan periode 2018-2019, diakhiri dengan pemilihan Pengurus AKLaMASI periode 2019-2020.

AKLaMASI juga merevisi penamaan divisi dan menambah pasal dalam PDMO. Perubahan terdapat pada penamaan Redaktur Pelaksana menjadi Koordinatur Liputan yang terbagi menjadi Koordinator Liputan Cetak dan Koordinator Liputan Digital, bertanggung  jawab atas output AKLaMASI baik cetak maupun digital.

AKLaMASI Publisher juga menambah  dua divisi, yaitu Divisi Penerbitan Buku dan Mading, dan Divisi Penerbitan Digital. Perubahan juga terdapat pada diadakannya Redaktur Eksekutif yang bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi sehari-hari.

Tak hanya itu, AKLaMASI juga menambah Divisi Dewan Senior sebagai pemberi saran yang diamanahkan kepada pengurus yang telah menyelesaikan LPj nya namun masih berstatus sebagai mahasiswa aktif di UIR.

Muhammad Arif Budiman Pemimpin Umum periode 2018-2019 mengatakan, penambahan divisi berfungsi untuk memperjelas tanggung jawab untuk tugas video, grafis dan cetak kepada masing-masing divisi, serta memperkuat badan keredaksian. Perkembangan teknologi yang menyebabkan penyampaian informasi tak hanya melalui media cetak, menuntut agar media mampu mengupgrade output menjadi cetak dan digital.

“Nantinya Pemimpin Redaksi akan dibantu oleh Redaktur Eksekutif, bertugas melaporkan apa saja yang terjadi dengan keredaksian AKLaMASI, apa yang akan dikerjaakan dan apa yang sudah dikerjakan“ ujar Arif.

Redaktur Eksekutif pun akan dibantu oleh dua divisi dibawahnya, yaitu Redaktur dan Koordinator Liputan. Tugas Koordinator Liputan yaitu mengkoordinir kru AKLaMASI untuk melaksanakan tugas keredaksian. Dipecah lagi menjadi Koordinator Liputan Online dan Koordinator Liputan Cetak.

Divisi Publisher yang dulunya hanya sebagai lembaga otonom yang bertugas mencari naskah lama atau baru yang akan diterbitkan menjadi buku, kini juga menjadi penanggung jawab digital yaitu AKLaMASI TV.

Diakhir agenda, Hasil Musred menetapkan beberapa nama sebagai pengurus periode 2019/2020 yaitu, Muhammad Qordawi sebagai Pemimpin Umum, Putri Anugrah sebagai Pemimpin Redaksi, Yenny Elvira sebagai Pemimpin Usaha, Intan Salfitri sebagai Sekertaris Umum, Arniati Kurniasih sebagai Redaktur Eksekutif, Nisa Hasanah sebagai Manager Keuangan, Mesy Azmiza Azhar Direktur AKLaMASI insitut, dan Janaek Simarmata sebagai Direktur AKLaMASI Publisher.

Editor: Putri Anugrah
Foto: Windy Tahnia

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *