Memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW FSI Al Furqan Taja Seminar

Oleh : Arif Widyantiko


Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW, Forum Studi Islam (FSI) Al Furqan Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan acara seminar dengan mengusung  tema “Cinta Rasul Kepada Umatnya Pantaskah Kita Mendapat Syafaatnya?”. Kegiatan ini dilaksanakan di lantai 4 Aula Fakultas Psikologi, UIR (12/11).

Selain  mahasiswa UIR, ada juga mahasiswa dari luar yang hadir mengikuti acara ini diantaranya, Universitas Lancang Kuning (UNILAK), Univeritas Riau (UR), Universitas Muhammadiah Riau (UMRI) Dan Mahasiswa Patani Thailand Selatan.

Dalam seminar ini diisi oleh dua pemateri, dimana Ustadz Doni putra, Lc, M.Hum dari Founder Hijrah Bikers menjelaskan materinya pertama kali lalu materi kedua akan dijelaskan oleh Putri Yuci, Profesional Publik Speaker.

Dalam materinya, Ustadz Doni Putra menjelaskan pentingnya kita mengenal sosok  Nabi Muhammad SAW dari akhlak dan ibadahnya, karena fenomena sekarang banyak sekali orang yang berkomentar soal Islam dan Nabi Muhammad dengan komentar dan mengecam yang negatif, bahwa bom bunuh diri itu ajaran Nabi Muhammad, radikal itu Islam. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman mengenal sosok Nabi Muhammad lebih jauh, mari kita buka kitab akhir sirah nabawi ghoiru mahdhoh bahwa menurut Ali bin Abi thalib nabi Muhamad itu bak bulan purnama, semua orang yang melihatnya pasti akan memujinya, ujar Ustadz Doni.

“Alquran mengabadikan akhlak Nabi yaitu sesungguhnya dalam diri Nabi Muhamad terdapat suri tauladan yang baik yaitu sifat penyayang, salah satu contohnya ketika Nabi sedang sholat dan diganggu oleh cucunya,  Hasan dan Husen Lalu beliau memperlama sujudnya agar cucunya turun dari pundaknya” tungkas Doni.

Putri Yuci melanjutkan materi dengan menjelaskan kenapa kita harus mencinta rasul. Beliau menjelaskan ada 4 alasan  yaitu, mendapat manisnya iman, berkumpul di surga, kesempurnaan iman, dan dzikrullah. Lalu, Agar mendapat syafaat nabi kita harus melakukan beberapa hal yaitu: syahadat, ikhlas, sholat dan amal sholeh.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta  generasi muda  kepada Nabi Muhammad SAW dan mengenali sosok beliau baik dari akhlak dan ibadahnya, tutup Riski Rejeki sebagai ketua pelaksana.


Editor : Janaek Simarmata


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *