Pemira Faperta, 02 Unggul Dengan 714 Suara


Oleh : Rizka Yani


Panitia Pemilihan Raya Mahasiswa (PPRM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan Pencoblosan Gubernur dan Wakil Gubernur, Kamis, (19/12). Ada dua kandidat Pasangan Calon (Paslon) yang maju pada Pemilihan Raya (Pemira) ini yakni, Paslon 01 Calon Gubernur Suhaim, Calon Wakil Gubernur Darmawansyah  dan Paslon 02  calon Gubernur Rian syaputra, Calon Wakil Gubernur M. Fajri Yan Syah. 

Pada jadwal, Pemira seharusnya dilaksanakan, Rabu, (18/12). Namun ini sempat terkendala karena surat acara debat visi misi yang diajukan pada Tata Usaha (TU) Senin, (16/12) dipermasalahkan karena surat pengajuan dua hari sebelum acara yang terkesan mendadak, sehingga pihak TU menyarankan untuk berdiskusi dengan Dekan, setelah berdiskusi debat visi misi dilaksanakan pada hari Selasa, (17/12). Sedangkan, Rabu, (18/12) ialah hari tenang dan Kamis dilaksanakan pesta Demokrasi.

Dari segi lokasi pencoblosan Pemira kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana sebelumnya berlokasi diparkiran, namun tahun ini dipindahkan ke Lobi Faperta. Persiapan pun sudah dilakukan oleh pihak PPRM dengan mengundang pihak Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk menjaga kondusifnya Pemira, PPRM pun sudah mempersiapkan antisipasi Golongan Putih (Golput) dengan  melakukan sosialisasi ke kelas-kelas. 

Pemilihan dilaksanakan pukul 08.15 wib disaksikan langsung oleh saksi kedua Paslon. Surat suara yang disediakan sebanyak 1600. Pada saat dibukanya pencoblosan sempat terjadi pembludakan peserta pencoblos, pihak verifikasi yang semula hanya dua orang ditambah satu orang untuk mengantisipasi desakan. Desi Tria—Petugas Menwa menjelaskan kondisi pemilihan aman dan tertib. 

“Alhamdulillah, pemira di Fakultas Pertanian berjalan aman tertib dan tidak ricuh, juga tidak ada dorong-dorong antar pemilih” Jelasnya.

Pencoblosan ditutup pukul 15.02 wib dengan jumlah surat suara terpakai sebanyak 1.028 dan tidak terpakai 572 buah surat suara. Surat suara yang tersisa di musnahkan dengan cara di sobek. Perhitungan surat suara dilakukan pada 16.00 wib dengan dihadiri kedua Paslon serta tim sukses. Selama perhitungan kondisi aman terkendali.

Perhitungan surat suara selesai pada pukul 18.02 wib dengan Hasil paslon 02 ungguli perolehan sebanyak 714 suara dan paslon 01 sebanyak 305 suara, dengan surat suara tidak sah sebanyak sembilan suara dan total jumlah 1028 suara.

Hasil Pemira disambut dengan sportif dan lapangan dada oleh Paslon 01, setelah perhitungan selesai dilakukan, kedua Paslon saling berjabat tangan dan memberi support serta foto bersama. Cawagub paslon 01 Darmawansyah mengatakan 

“Saya menyampaikan kepada Gubernur terpilih bahwasanya jika kami diperlukan, kami siap memberikan sumbangsih terbaik dan semoga Gubernur terpilih dapat amanah dan sesuai dengan visi misinya di tunaikan” ungkapnya.


Editor : Intan Salfiti


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *