Musyawarah Tahunan Fopersma Tentukan Koordinator Baru


Oleh : Salma Siregar


Forum Pers Mahasiswa (Fopersma) Riau adakan Musyawarah Tahunan di Sekretariat Bahana Mahasiswa Universitas Riau, Kampus Bina Widya, Pekanbaru. (23/02).

Dihadiri oleh Media Mahasiswa AKLaMASI Universitas Islam Riau (UIR), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bahana Universitas Riau (UR), LPM Gagasan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska), LPM Komunika Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska, dan LPM Visi Universitas Lancang Kuning (Unilak)

Badru Chaerudin—Koordinator Fopersma Periode 2019-2020 menyampaikan bahwa, awal berdiri sejak 2001, dengan nama Visi ABG. Setiap awal huruf, diambil dari empat nama LPM, yakni Visi, AKLaMASI, Bahana, dan Gagasan.

Setelah empat tahun berlalu Pers Mahasiswa Riau dibentuk kembali dengan nama Fopersma, yang dianggotai oleh empat universitas di Pekanbaru. Namun, sempat mengalami kekosongan agenda hingga di tahun 2010 mulai aktif kembali.

Badru mengatakan, forum ini dibentuk untuk tempat berkumpul dan berdiskusi mengenai permasalahan internal dan eksternal di setiap LPM. Kegiatan yang sudah ia lakukan adalah ikut serta dalam advokasi penolakan pembangunan tambang batubara di Desa Pangkalan Kapas. Kegiatan yang cenderung dilakukan ialah berdiskusi mengenai isu daerah dan nasional, contoh kasusnya tentang pemberhentian aktivitas Pers Mahasiswa di LPM Suara Universitas Sumatra Utara (USU).

“Forum ini menjalani agenda rutin berkumpul dan berdiskusi, dan saling bertukar informasi. Namun ada beberapa hal yang tidak terealisasi, seperti bedah liputan, dan membangun website Fopersma” jelasnya.

Agenda tahunan ini bertujuan untuk mengevaluasi serta membahas program kerja Fopersma juga memilih Koordinator Fopersma berikutnya. Dijelaskan bahwa untuk menjadi koordinator, harus menjabat sebagai Pengurus di LPM kampus masing-masing.

“Sistem pemilihan untuk koordinator Fopersma sendiri bersifat bergilir, diantara  empat LPM pendirinya. Tahun ini memang giliran AKLaMASI. Bagaimanapun rumitnya, kami tidak menganut sistem voting dalam mengambil keputusan.” Ujar Badru.

Setelah evaluasi dan pembahasan program kerja selesai, maka Media Mahasiswa AKLaMASI terpilih selaku Koordinator Fopersma berikutnya, menunjuk Fadhli Abi Rafdi sebagai Koordinator Fopersma Riau Periode 2020-2021.

Fadhli yang didalam kepengurusan AKLaMASI UIR mempunyai jabatan sebagai Koordinator Liputan, dan Divisi Pendidikan Pengkaderan. Fadhli juga katakan bahwa esensi koordinator hanya sebagai fasilitator, serta menjadi penghubung komunikasi antar LPM.

“Saya ingin menyambung tongkat estafet kepepimpinan dari koordinator sebelumnya. Memberikan sumbangsih akal, pikiran, dan tenaga untuk Forum ini. Hal yang fundamental dalam setiap Forum Komunikasi adalah silaturahmi. Serta saling menguatkan, tanpa adanya ego diantara LPM” tutupnya.


Editor : Intan Salfitri

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *