Bantuan Sosial Pendidikan Pemprov Riau Resmi Dibuka


Penulis: Rizka Yani


Bantuan Sosial (bansos) Pendidikan Provinsi Riau tahun 2021  kembali dibuka, Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Islam Riau (UIR) mengumumkan di laman resminya pada Jumat, (27/8). Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran hingga 6 September 2021.

Bansos pendidikan tahun 2021 ini bukan untuk pertama kalinya, melalui kerjasama UIR dengan pemerintah Provinsi (pemprov) Riau Nomor: 4992/A-UIR/5-2019 dan Nomor: 39/KSB/XII/2019 telah dimulai sejak tahun 2019 lalu.

Kepala BAAK, Dr. Kurnia Hastuti, ST., M.T menjelaskan bahwa program bantuan sosial ini bukanlah beasiswa. Melainkan bantuan yang diberikan oleh provinsi Riau dan hanya satu kali saja.

“Jadi ini yang perlu digaris bawahi, bansos ini bukan beasiswa dan dana yang didapatkan pun  hanya satu kali untuk setahun” jelasnya. 

BAAK UIR sebagai sarana menyampaikan informasi bansos pendidikan  kepada mahasiswa dan membantu mengumpulkan persyaratan yang akan diajukan kepada pemerintah provinsi Riau.

Bansos pendidikan provinsi Riau ini juga tidak menetapkan jumlah kuota penerimanya bagi setiap kampus, setiap tahun bisa berbeda-beda.

Berdasarkan data yang di peroleh dari BAAK, pada tahun 2020 ada 148 orang mahasiswa Universitas Islam Riau yang menerima bansos pendidikan provinsi Riau. Dana yang didapatkan setiap orang juga berbeda untuk setiap program studinya.

“Dalam bansos ini, ada proposal yang harus diisi setiap mahasiswa yang artinya akan menjadi pertimbangan pemprov dan nominal yang diterima mahasiswa pun akan berbeda” jelas Rasoki, Kabag Kemahasiswaan BAAK UIR

Setelah dilakukan usulan dari kampus, pemrov yang akan melakukan tahapan pencairan bansos tersebut, untuk jangka waktu pencairan pihak BAAK juga tidak mengetahui pasti kapan mahasiswa yang dinyatakan lulus menerima bansos pendidikan tersebut, tergantung dari proses yang dilakukan pemprov.

“Untuk bansos pendidikan tahun 2020 lalu pencairan nya dilakukan pada maret 2021, karena memang prosesnya panjang dan administrasinya juga lebih ketat” tambah Rasoki.

*Update: BAAK UIR melalui laman instagram resminya pada Selasa malam (31/8) mengumumkan batas akhir pendaftaran mengalami perubahan menjadi 2 September 2021 berdasarkan pengumuman Bansos Pendidikan Sekda provinsi Riau No. 86/PENG/2021.


Editor: Rahmat Amin Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *