Persiapan Hadapi Dunia Kerja, Pusat Karir UIR Taja Webinar


Penulis: Rizka Yani


Pusat Karir Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan webinar pembekalan wisuda pada Senin, (20/9). Webinar ini ditujukan bagi calon wisudawan periode dua tahun 2021 pada Sabtu (25/9) mendatang. 

Webinar pembekalan wisuda mengangkat dua tema yaitu  Public Speaking  yang menghadirkan Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep.CT sebagai pemateri dan Desain Grafisoleh M. Hafiz Ona Hadi Putra. 

Pada sesi pertama, Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep.CT membahas tantangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa lulusan baru di tengah pandemi. Salah satunya, adalah tingkat pengangguran yang tinggi. Hal ini akan menimbulkan persaingan dalam mencari pekerjaan, serta bagaimana mahasiswa harus menjawab tantangan tersebut dengan keterampilan.

“Public speaking merupakan salah satu skill yang harus dimiliki fresh graduate, karena 70% aktivitas manusia adalah berkomunikasi “ jelas Ari Pristina. 

Namun tidak semua orang mampu melakukan public speaking yang baik. Permasalahan- permasalahan yang muncul antara lain seperti tidak percaya diri, tidak mendapat perhatian pendengar, grogi akibat sikap tubuh yang kurang tepat.

“Permasalahan tersebut dapat dijawab dengan beberapa persiapan seperti memahami isi konten, pendengar, lokasi guna memahami situasi dan kondisi, waktu penyampaian, serta tujuan dan teknik penyampaian” tambah Ari Pristiana.  

Sesi kedua membahas penting memahami dasar-dasar desain grafis bagi mahasiswa, salah satunya membuat Curriculum Vitae (CV).  Menurut Hafiz, salah satu alasan lamaran kerja mahasiswa tidak kunjung diterima adalah penggunaan desain grafis yang kurang tepat.

Hafiz membahas bagaimana membuat desain grafis yang informatif serta memperhatikan komposisi yang simple dan susunan elemen grafis  sehingga menghasilkan desain yang efektif.

“Banyak pelamar kerja mempersulit HRD saat seleksi berkas karena jenis font yang sulit dibaca, tampilkan berantakan, isi CV tidak sesuai kualifikasi, ukuran font terlalu kecil, dan tampilan warna” ujar Hafiz.


Editor: Rahmat Amin Siregar


Foto: Pusat Karir UIR

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *