Aktualisasi Bahasa Indonesia di Bulan Bahasa UIR


Penulis: Salma Siregar


Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) memperingati ‘Bulan Bahasa’ di setiap tahunnya. Momentum Sumpah Pemuda 20 Oktober 1928 yang menyatukan bangsa Indonesia dalam satu bahasa menjadi latar belakang acara ini, serta meningkatkan apresiasi terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Desi Sukenti, S.Pd., M.Ed selaku kepala prodi PBSI mengatakan pentingnya berbahasa akan menimbulkan penghargaan terhadap pribadi dan dapat diterima secara luas di masyarakat. Maka, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi perlu juga penting bagi semua orang.

“Pentingnya berbahasa adalah akan menjadikan kita sebagai orang yang dihargai oleh orang lain, dan juga akan lebih diterima di kalangan teman-teman kita” dikutip dari laman bulanbahasapbsi2021.online

Rangkaian peringatan Bulan Bahasa akan dilaksanakan pada Senin (15/11). Terdapat pula perlombaan pada 15-16 November 2021. Seperti yang tertera pada laman resminya, ada empat kategori dengan keseluruhan delapan cabang perlombaan. Diketahui hingga kini setidaknya 93 akun yang telah melakukan registrasi dan mengirim berkas persyaratan.


Pengarah Bulan Bahasa 2021, Catur Setiawan Pemungkas, menyampaikan ada beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Brunei dan Singapura yang telah melakukan pendaftaran untuk mengikuti berbagai cabang perlombaan. Walaupun berbeda dari sebelumnya, tahun ini seluruh peserta mengikuti perlombaan dalam jaringan.


“Bulan Bahasa ini dijadikan sebagai ajang aktualisasi diri, peserta bulan bahasa bisa mengembangkan bakatnya dalam bersastra, ….[terlebih bulan bahasa] sebagai bentuk implementasi dari sumpah pemuda” ujarnya saat diwawancara.


Foto: Bulan Bahasa UIR 2019 – Dokumentasi pribadi

Editor: Rahmat Amin Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *