Pemilihan Duta FIKOM 2023, Wujudkan Figur Komunikator yang Mengispirasi


Penulis: Ludiana Mubarikah Surayya


Event Organizer Communicate (Evorcomm) kembali menggelar pemilihan Duta Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (Duta Fikom UIR) setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19. Dengan tajuk “Wonderful of Melayu Riau”, ajang bergengsi ini diselenggarakan di Living World Pekanbaru pada Minggu, (13/11).

Kagiatan ini bertujuan mewujudkan figur komunikator dan ambasador fakultas yang memiliki integritas, talenta, perilaku luhur, dan menjunjung tinggi nilai keislaman sesuai slogan “Aspire to Inspire”.

Berdasarkan press release yang dikeluarkan Evorcomm pada 14 November 2022, pemilihan Duta Fikom UIR 2023 ini juga merupakan sebuah gebrakan baru dalam penyelenggaraan kegiatan di luar kampus, yang sukses menghadirkan 400 audiens dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa hingga pengunjung Mall Living World Pekanbaru.

Terdapat 20 finalis putra dan putri terbaik yang berkompetisi untuk mendapatkan gelar pemenang melalui penilaian juri.

Adapun yang menjadi juri yaitu Al-Sukri dan Dyah Pithaloka yang merupakan dosen Fikom Uir, serta Dona Isman, Khusnul Khotimah, dan Putera Kebudayaan Indonesia 2020 yakni Aryasena Thamsir Barus.

Dari hasil penilaian, Bagus Jaya Putra dan Salsa Sri Rahayu terpilih sebagai pemenang Duta Fikom UIR 2023. Abdi Gunawan dan Nur Afrilia Juanda sebagai 1st Runner-up, serta Syazali Oza dan Dhia Awliya sebagai 2nd Runner-up. Sedangkan Duta Favorit diraih oleh Muhammad Angga dan Erna Cahyatin.

Bagus, yakni satu diantara dua pemenang Duta Fikom, menjelaskan skema dan alur seleksi selama proses karantina hingga malam Grand Final. Di mana para finalis diwajibkan mengikuti beberapa sesi.

“Ada sesi wawancara, mengaji, karantina. Kemudian kami juga belajar public speaking dan membangun personal branding,” tutur Bagus.

Zantriko Afrialdo, Runner-up Duta Fikom UIR 2020 yang turut hadir sebagai tamu undangan menyampaikan harapannya kepada Duta Fikom UIR 2023 yang baru terpilih.

“Untuk Duta Fikom UIR 2023, selalu menjadi panutan dan figur komunikator yang baik bagi para teman-temannya dan bertanggung jawab atas apa yang diberikan,” kata Zantriko.

Acara tersebut, juga turut dimeriahkan oleh penampilan live music dari Fadil Rasya, AVF Music, Zentriko dan Guest Star Farid Jonathan. Serta penampilan biola dari Qurnia Febriani dan talkshow bersama Evorcomm.


Foto: Ludiana Mubarikah Surayya

Editor: Fani Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *