Workshop Lembaga Penelitian UIR Libatkan 150 Dosen Muda

Lembaga Penelitian Universitas Islam Riau (UIR) menaja workshop penelitian dan publikasi ilmiah untuk seluruh dosen muda di UIR selama dua hari bertemakan Penelitian dan Publikasi Bagian dari Aktivitas Dosen Guna Mewujudkan UIR Unggul dan Terkemuka 2020.

Tujuan dari workshop ini, yaitu : dosen dapat melakukan penelitian sesuai dengan bidang ilmunya, dosen dapat mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal nasional dan internasional dan dosen dapat meimplementasikan hasil penelitiannya sebagai bahan ajar dan pengabdian masyarakat.

Workshop ini adalah workshop tahunan yang menjadi salah satu Program Kerja Lembaga Penelitian UIR, dimana workshop sebelumnya melibatkan pemateri dari luar, yakni pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang fokusnya adalah mengetahui kebijakan-kebijakan DIKTI yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat. Namun kali ini, pematerinya dari pihak UIR sendiri, yakni dosen UIR yang berpengalaman. Diantaranya adalah M.Hasbi Zaidi, SE., MP, Prof. Dr. Ir. Hasan Basri Jumin, MS., M.Sc, Dr. Abdul Aziz, S.Sos., M.Si, dan Dr. Evizal Abdul Kadir, ST, M.eng.

Kurang lebih 150 dosen muda diberikan materi dan juga pelatihan bagaimana menyusun proposal, mempublikasikan jurnal secara online, tahap-tahap penelitian, sehingga hasil penelitian tersebut baik dan layak dapat hibah dari DIKTI. Workshop yang diadakan pada 2-3 Desember ini dilaksanakan di dua tempat, hari pertama di Aula Fakultas Pertanian dan kedua di Aula Fakultas Ilmu Komunikasi UIR.

M. Hasbi Zaidi, selaku Ketua Lembaga Penelitian UIR menerangkan bahwa kegiatan ini sengaja diadakan dalam dua tempat berbeda. Hal ini untuk mensosialisasikan fakultas lain kepada dosen muda yang bukan berasal dari fakultas tersebut, sehingga terjadi keeratan satu sama lainnya.

“Harapan kita, bahwa masing-masing dosen memiliki output proposal penelitian yang layak untuk ditindak lanjuti, sehingga ada hasil penelitian yang bermanfaat bagi mereka sendiri dan institusi,” tutup M. Hasbi Zaidi.

Oleh : Widya Septyati
Editor : Rifal Fauzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *