UIR Creativa Team, Taja Expo dan Job Fair

UIR Expo dan Job Fair yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Islam Riau (UIR) bertujuan untuk mendukung visi UIR Unggul 2020. Kegiatan tersebut ditaja UIR Creativa Team (UCT) bekerjasama dengan Fakultas Teknik, Senin (15/2). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (17/2) mendatang.

Kegiatan yang terjadwal pukul 08.00 tersebut, sempat mengalami penundaan selama dua jam lebih. Dani Safitri—Ketua Pelaksana, meminta maaf karena adanya kesalahan teknis—listrik padam, sehingga acara yang disiapkan selama delapan bulan tersebut harus ditunda hingga pukul 10.15 WIB.

Di akhir sambutannya sebagai ketua pelaksana, Dani juga menjelaskan, dalam acara Uir Expo dan Job Fair tersebut, peserta maupun pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan stand lowongan pekerjaan, tapi juga bisa kunjungi stand pameran kuliner dan fashion di luar Gedung PKM tersebut.

Abdullah Sulaiman—Wakil Rektor III mengatakan, walaupun suasana mati lampu namun peserta tetap antusias mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran di Pekanbaru.

Selain itu, Abdullah juga menjelaskan, bahwa peluang pekerjaan untuk Alumi UIR sangat terbuka lebar. Namun, mendapatkannya sangat tidaklah mudah. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dipelajari si pelamar, bukan hanya aspek kepintaran saja yang menjadi penilaian dalam proses wawancara. Tapi juga ada hal-hal di luar itu, seperti etika—moraliti. “Moraliti sangat penting dalam melamar pekerjaan, karena ketika wawancara, di situ kadang mahasiswa tidak mengetahui etikanya dan penilaiannya menjadi jelek.” Ungkapnya.

Salah satu peserta Job Fair—Sri Rahayu, tengah duduk mengisi formulir lamaran pekerjaan. Ia merupakan alumnus Persada Bunda, jurusan Manajemen angkat 2014. Ia mengungkapkan, bahwa telah mengikuti beberapa kali Job Expo yang diadakan di hotel-hotel Pekanbaru, namun belum ada yang menerima.

Walaupun sekarang ia tengah bekerja di salah satu perusahaan media cetak di Pekanbaru—bagian periklanan, namun ia tetap rutin mengikuti kegiatan Job Expo yang ada. “Kali ini saya mendaftar di tiga perusahaan, yang kualifikasinya sesuai dengan background jurusan saya. Semoga kali ini saya lulus di salah satunya dan mendapatkan posisi sesuai yang saya inginkan.” Harapnya. (Venny Rahmayani dan Dede Mutiara Yaste )

Editor: Dede Mutiara Yaste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *