UIR Laksanakan PKKMB

Kegiatan PKKMB didakan selama 3 hari. Hari pertama pembukaan kegiatan mahasiswa baru (Maba) Universitas Islam Riau (UIR) angkatan 2016-2017 yang diadakan di fakultas masing-masing. Hari kedua ada materi kuliah umum dari Habiburrahman El-shirazy, penulis buku Ayat-Ayat Cinta, Dr. Mustafa Umar, Lc., M.A, dan Ustadz Novry, dengan tema pembentukan karakter calon pemimpin bangsa cerdas, empati, religius, ikhlas, dan amanah yang disebut CERIA.

Kegiatan yang berada dalam GOR kondisinya cukup panas, walaupun disediakan blower, namun peserta tetep kepanasan, akibatnya ada beberapa mahasiswa yang kelelahan dan lemas, sehingga banyak yang keluar masuk ruangan.

Setelah selesai acara, mahasiswa langsung di giring ke setiap fakultas. Guna melaksanakan PKKMB tahap selanjutnya, yang di pimpin oleh setiap Badan Eksekutif Mahasiswa di tiap fakultas.

Inti dari materi adalah bagaimana mahasiswa menyadari diri, mengetahui dirinya. Dia adalah harapan bangsa, agama, keluarga, dan dirinya. Agar bisa menjadi terbaik dan calon-calon pemimpin masa depan.

Hari terakhir kegiatan PKKMB dilaksanakan di Satdion UIR, Rabu (17/8). Sekaligus melangsungkan upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Setalah upacara mahasiswa baru membuat formasi logo UIR yang di intruksikan oleh BEM UIR.

Pantauan dari KSR PMI UIR yang menjadi panitia dalam penanggulangan medis menilai kondisi mahasiswa yang mengikuti PKKMB secara fisik banyak yang mengalami sakit maupun pingsan. Dikarenakan kurangnya fasilitas yang memadai dari pihak kampus.

“ Sehingga banyak yang mengalami dehidrasi,” Kata Angki Maulana selaku Komanda KSR PMI UIR yang berada di lapangan.
Menurutnya, tahun ini mahasiswa yang sakit atau pingsan mengalami peningkatan, ada sekitar 10 mahasiswa yang pingsan, ada yang terkena magh. “Karena acara dimulai dari pukul 7 pagi, kami berharap agar pihak kampus bertanggungjawab atas kegiatan ini,” ungkap Angki Maulana.

Reporter : Sofiah
Editor : Dede Mutiara Yaste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *