Fopermas Terbentuk, Kawal Kebebasan Berekspresi


Oleh : Fadhli Abi Rafdi


Pertemuan Pers Mahasiswa se-Sumatera berlangsung di Asrama Haji Kota Baru, Provinsi Jambi. Dihadiri oleh Forum Komunikasi Pers Mahasiswa (FKPM) Aceh dan Sumatera Selatan, Aliansi Pers Mahasiswa (APM) Lampung, Medan dan Sumatera Barat serta Forum Pers Mahasiswa (FOPERSMA) Jambi dan Riau. Sabtu, (16/11).

Bertepatan dengan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Patriotik Universitas Batanghari (Unbari). Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia juga mengadakan Festival Media di Balai Diklat Badan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BPSDM).

Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi Pers Mahasiswa se-Sumatera, serta berdiskusi untuk mengajak seluruh Pers Mahasiswa bekerjasama dalam membentuk wadah komunikasi. Bukan tanpa alasan, Alfani selaku Koordinator APM Lampung Periode 2018-2019 mengatakan, bahwa di era teknologi saat ini Pers Mahasiswa kerap dibatasi ruang gerak dalam keredaksian.

“Seperti dengan pembatasan jam malam kampus, pembungkaman informasi dari akademisi dan tindakan ancaman berupa pencopotan keanggotaan pengurus dan Drop-Out” ujarnya.

LPM Suara USU Universitas Sumatera Utara, adalah contoh nyata bahwa ada pembatasan ruang berkarya serta pembatasan kebebasan dalam kemerdekaan Pers. Tidak hanya Suara USU, di Pekanbaru sendiri sedang terjadi hal serupa.

“LPM Gagasan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) dan mereka sampai detik ini masih mengupayakan kebebasan tersebut bersama aktivis demokrasi di kampusnya” Tutur Badru Chaerudin, Koordinator Fopersma Riau.

Koordinator FKPM Sumatera Selatan, Mita Rosnita juga menegaskan bahwasanya wadah ini nanti haruslah independen, tanpa ada kepentingan politik di dalamnya, karena sejatinya Pers Mahasiswa kerap menghadapi intervensi-intervensi dalam proses penerbitan berita.

“Ini bisa menjadi langkah awal untuk saling menguatkan dan berjejaring. Bertukar pikiran serta bersama-sama kita kawal kebebasan berekspresi di Pulau Sumatera ini.” Wahyu Jati Syawaludin, Koordinator Fopersma Jambi sekaligus Pemimpin Umum LPM Patriotik Unbari.

Beberapa usulan nama serta pergantian pola diskusi disepakati bersama, wadah komunikasi Pers Mahasiswa Sumatera dengan nama Forum Pers Mahasiswa Sumatera disingkat (Fopermas).

Sedangkan pembahasan landasan pemikiran serta pemilihan Koordinator Fopermas akan dilanjutkan pada bulan Januari mendatang dengan Aliansi Pers Mahasiswa (APM) Lampung sebagai tuan rumahnya.


Editor : Arniati Kurniasih


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *