Don’t Look Up: Sindiran Untuk Masyarakat Global


Penulis: Fani Ramadani


Sudah banyak kita temukan film yang bertemakan kehancuran dunia. Sebut saja 2012, yang cukup laris pada masanya. Kebanyakan film yang bertemakan kehancuran dunia selalu menggambarkan perjuangan manusia dalam menghabiskan sisa waktu di bumi dengan tetap bertahan hidup, sehingga adegan-adegan ini memunculkan situasi menegangkan kepada penonton.

Akan tetapi, bagaimana jika sebuah film yang bercerita tentang berita kehancuran dunia malah dijadikan olok-olok oleh masyarakat. Bahkan dijadikan bahan kepentingan politik dan keuntungan bagi para pebisnis.

Di akhir tahun 2021, layanan streaming Netflix menghadirkan sebuah film yang bertemakan kehancuran dunia. Tidak seperti film kiamat pada umumnya, Adam McKay selaku produser sekaligus sutradara, menampilkan sesuatu yang berbeda, dengan satir tajam dan komedi gelap yang melekat di setiap adegan film yang berjudul, Don’t Look Up.

Film ini mengisahkan tentang seorang mahasiswa pascasarjana astronomi, Kate Dibiasky yang diperankan Jennifer Lawrence, berhasil menemukan sebuah meteor yang sangat besar. Namun saat dilakukan perhitungan orbit oleh dosennya, Dr. Randell Mindy (Leonardo DiCaprio), ternyata meteor tersebut dapat dipastikan akan menabrak dan menghancurkan bumi. Butuh waktu enam bulan hingga meteor itu benar-benar menabrak dan mengakhiri kehidupan.

Kate dan Dr. Mindy berusaha untuk menyelamatkan bumi dengan memberitahukan hal ini kepada pemerintah dengan harapan mereka mendapatkan dukungan, namun tidak mendapatkan respon yang baik dan malah ditertawakan oleh presiden Orlean (Meryl Streep) dan para stafnya.

Tak putus asa, kembali berusaha dengan memberitakan penemuan ini melalui media, tapi lagi-lagi, kembali ditertawakan oleh masyarakat dunia bahkan dijadikan bahan meme oleh para remaja.

Film ini menggambarkan betapa apatisnya orang-orang terhadap peringatan, di mana masyarakat lebih mementingkan kisah percintaan para selebriti dibandingkan kehancuran dunia.

Di film ini juga menyindir pemerintah yang hanya memperdulikan kepentingan politik saja, hal ini terlihat pada saat presiden Orlean yang awalnya tidak menggubris peringatan jatuhnya meteor, namun Ia kemudian mendukung usaha penyelamatan dengan tujuan mengalihkan perhatian masyarakat dari skandal seks yang menimpanya.

Dan tidak hanya pemerintah, bahkan para pebisnis yang berpura-pura peduli tetapi memiliki niat terselubung dibaliknya. Ketika Peter Isherwell, founder startup, Bush, yang diperankan Mark Rylance, dengan bantuan pemerintah malah menghentikan misi penyelamatan bumi. Hal ini dilakukan dengan dalih meteor tersebut mengandung tembaga bernilai triliunan. Juga dapat dijadikan bahan baku untuk menciptakan alat-alat elektronik yang lebih canggih.

Don’t Look Up dibintangi oleh para aktor dan aktris papan atas, tidak hanya Jennifer Lawrence dan Leonardo DiCaprio yang sudah santer di perfilman Hollywood, tetapi ada juga Rob Morgan, Cate Blanchett, Jonah Hill, Tyler Perry, Timothee Chalamet, bahkan Ariana Grande.

Jalan cerita pada film ini cukup ringan dan tidak membuat penonton banyak berpikir, hanya saja durasi yang cukup panjang dan ditambah lagi beberapa adegan yang dirasa tidak perlu membuat penonton sedikit bosan. Tetapi konflik di setiap adegan dapat membuat penonton mengangguk setuju karena sesuai dengan kehidupan di dunia nyata.

Bisa dikatakan bahwa film ini merepresentasikan dunia saat ini. Dunia yang dihadapkan oleh pandemi setahun terakhir. Pada awalnya orang-orang tidak mempercayai dengan adanya covid-19, meski sudah ada data dan bukti.

Selain itu, Leonardo DiCaprio juga kembali menyoal tentang krisis ilkim yang menjadi perhatiannya selama ini.

“Bertahun-tahun yang lalu, para ilmuwan memperkirakan efek dari perubahan iklim yang kita alami sekarang. Kita harus mendengarkan para ilmuwan dan mengambil langkah yang diperlukan untuk mengurangi krisis,” cuit Leonardo DiCaprio.

Don’t Look Up juga berhasil memecahkan rekor sebagai flim yang paling lama ditonton dalam seminggu di Netflix. Pada periode 27 Desember hingga 2 Januari flim ini disaksikan 152,2 juta kali.

Film ini juga sukses memberi sindiran bagi orang-orang yang hanya memperdulikan kepentingan pribadinya saja, yang memanfaatkan kecemasan dunia untuk keuntungannya. Seperti kata Kate di salah satu adegan.

“Mereka akan membiarkan meteor menabrak planet, agar sekelompok orang kaya menjadi makin kaya!”


Foto: Netflix

Editor: Rahmat Amin Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *