Persaingan Di Era Teknologi

Prof (HC) .Drg. Chairul Tanjung diundang untuk menyampaikan pidato motivasi bagi para wisudawan UIR. Dalam rangka pelantikan wisuda periode II (20/5) Universitas Islam Riau (UIR) di Gor Volly UIR, beliau memaparkan tentang kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Chairul Tanjung mengatakan dengan menggunakan Hand Phone (HP) saja orang orang sudah dapat menghasilkan uang. Caranya dengan berjualan di sosial media seperti di instagram. Banyak orang sekarang menggunakan instagram sebagai alternatif berjualan. Selain itu, banyak dari pengguna instagram memamerkan apa yang dia punya dan memberitahu semua kegiatan yang akan dilakukannya. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya ruang pribadi seseorang, karena semuanya sudah disebarkan melalui sosial media tersebut ujarnya.

Sudah banyak di negara-negara maju yang menciptakan robot untuk membantu pekerjaan manusia. “Nantina di masa yang akan datang pasti ada sebuah perusahaan yang mempekerjakan robot sebagai karyawannya, hal ini mengakibatkan masyarakat setempat akan kekurangan lowongan pekerjaan, tentu saja hal itu akan mengakibatkan pengangguran semakin bertamba hbanyak,” ujar Chairul Tanjung.

Menurutnya, lambat laun akan ada manusia yang memilih hidup dengan robot karena sudah ditemukannya material-material yang dapat membuat robot serupa manusia. Tentu saja yang memilih hidup dengan robot pertama kali pasti di Negara jepang.

Sangat disayangkan kemajuan teknologi di Indonesia tertinggal jauh dibawah dari negara-negara lain. Hal yang tidak diinginkan adalah datangnya tenaga kerja dari negara lain untuk mencari pekerjaan di Indonesia. Beliau menutup pidatonya dengan pertanyaan Apakah para wisuda Universitas Islam Riau ini mampu bersaing dengan tenaga kerja yang dating dari luaran sana? “Untuk mampu bersaing dalam dunia kerja dan pendidikan kita harus terus belajar dan belajar,” tutupnya.

Reporter : Janaek Simarmata (Kru Magang)

Editor : Sofiah

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *