Perayaan HUT RI di Faperta UIR

Memeriahkan perayaan ulang Tahun Republik Indonesia ke-72, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Islam Riau (UIR) taja berbagai perlombaan seru dan menarik. Seperti pacu kelereng, makan kerupuk, sepeda lambat, tarik tambang, dan panjat pinang yang berlangsung di lapangan belakang gedung B Faperta UIR.

Sabtu (19/8) setelah dibuka dengan kata sambutan Dekan Faperta, perlombaan diawali dengan pacu kelereng. Peserta beradu cepat membawa kelereng menggunakan sendok yang digigit di mulut. Dengan semangat, peserta menjaga keseimbangan kelereng di sendok dan berjalan cepat untuk memenangkan lomba. Gelak tawa penonton seketika hadir menyaksikan peserta dengan ekspresi lucunya saat berusaha mengambil kelereng dalam baskom berisi  tepung. Begiutpun dengan lomba makan kerupuk.

Tawa penonton tak henti-hentinya, melihat ekspresi lucu peserta yang berusaha menghabiskan kerupuk secepat mungkin dengan rakus. Selanjutnya lomba sepeda lambat. Peserta diwajibkan menjaga  keseimbangan sepeda dengan pola zig-zag pada jalur masing-masing. Dalam perlombaan tarik tambang, para Mahasiswi Faperta juga turut menghebohkan tanpa peduli resiko telapak tangan lecet. Dengan semangat mereka saling tarik tali tambang berusaha mengalahkan lawan. Sorak sorai tim pendukung terus menggema membakar semangat peserta untuk menarik lebih kuat demi meraih kemenangan.

Di perlombaan panjat pinang yang merupakan puncak dari semua perlombaan, peserta makin semangat untuk meraih sang saka bendera  merah putih  dan hadiah-hadiah utama. Berbagai taktik dicoba kelompok pertama namun gagal terhalang oleh licinnya oli yang dioleskan pada  tiang. Begitu juga kelompok kedua yang sudah sempat  memegang tiang dekat puncak, namun karena kelelahan terpaksa terseret turun. Sampai akhirnya kelompok kompos  berhasil meraih bendera Indonesia dan hadiah-hadiah utama di puncak pinang.

Afna, peserta yang meraih juara satu lomba pacu kelereng, mengaku senang dengan adanya perlombaan seperti  ini. “ Kalau lebih ramai akan lebih  seru lagi perlombaannya,” ujarnya kepada kru AKLaMASI saat ditemui usai penyerahan hadiah.

Nur Faisal— Gubernur BEM Faperta UIR kepada Aklamasi mengaku berbahagia atas terlaksananya acara ini. Melihat kebersamaan  yang terjalin antara  senior dan junior di keluarga besar Faperta UIR Tak melihat perbedaan suku dan Agama. Semua melebur menjadi satu memeriahkan perayaan.  “Indonesia sudah cukup tua dengan usia- 72  Tahun, dari kompaknya kita inilah generasi muda untuk memajukan Bangsa ini.” Tegas mahasiswa jurusan Agribisnis ini.

Dekan Faperta—Dr.Ir.U.P.Ismail menjelaskan, selama ia menjabat jadi dekan, momen perayaan kemerdekaan dengan perlombaan baru perdana ini terselenggara di Fakultas Pertanian UIR. Ia mengapresiasi dan merasa senang atas terlaksananya acara ini. “ Saya sangat berterima kasih dengan Panitia dan Mahasiswa-Mahasiswi yang datang memeriahkan dan berkontribusi dalam terselenggaranya acara ini,” ujarnya.

Tambahnya lagi, ia berharap untuk acara ke depannya ada peningkatan baik dari banyaknya perlombaan dan animo peserta, juga hubungan silahturahmi Mahasiswa-mahasiswi terjalin semakin baik dan akrab. “ Supaya suatu saat nanti enak ketemunya sesama Alumni  dan punya kenangan tersendiri selama mereka menimba ilmu disini.” Imbuh nahkoda Faperta UIR ini.

 

Reporter : Tomy Erikson Ginting

Editor : Laras Olivia

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *