UIR Luncurkan Buku Refleksi dan Biografi Pendiri di Usia 57 Tahun


Oleh: Aldrila Febriana & Johan Hariwitonang


Memasuki usia 57 tahun, Universitas Islam Riau (UIR) meluncurkan Buku Refleksi dan Biografi Rawi Kunin sebagai rangkaian acara dies natalis. Bertempat di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H, M.C.L—Rektor UIR, Dr. H. Syafhendry, M.Si—Wakil Rektor (WR) I, Dr. Nurman, M.Si—Ketua YLPI, Ir. Fakhrunnas MA Jabbar, M.I.Kom—Ketua UIR Press, para tokoh masyarakat seperti Drs. H. Mukhtar Samad, Prof. Dr. H. T. Dahril, M.Sc, mahasiswa, alumni, pegawai dan tenaga pendidik selingkungan UIR.

Dengan mengusung tema “Bersahaja” yang bertujuan untuk tidak mengedepankan kemewahan tapi memunculkan kesyukuran UIR saat masuk usia yang sudah dewasa, Senin (30/09). Fakhrunnas mengungkapkan, kedua buku yang diterbitkan dapat menjadi kado istimewa untuk diea natalis UIR kali ini, “Kami mengerjakan selama dua bulan dan Alhamdulillah bukunya jadi.”

Buku pertama berjudul “Refleksi 57 Tahun Universitas Islam Riau menuju Universitas Terdepan di Asia Tenggara” berisi kumpulan tulisan-tulisan perkembangan UIR  dimasa lalu, masa kini, dan proyeksi masa mendatang. Adapun ada 60 penulis yang berasal dari internal UIR, eksternal maupun tokoh masyarakat  serta mahasiswa, alumni dan tenaga pendidik. Sedangkan buku kedua merupakan biografi Rawi Kunin selaku pendiri serta rektor UIR periode 1982-1992 yang ditulis oleh Rustam Ibrahim.

Dr. Abdul Aziz, M.Si—Ketua Pelaksana mengungkapkan publikasi ilmiah, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dari tahun ke tahun terus meningkat sehingga membawa UIR mendapat rangking 123 se-nasional. Abdul Aziz juga berharap UIR dapat memberi manfaat untuk masyarakat sekitar, “Mudah-mudahan dengan modal itu UIR dapat mencapai rangking 100 besar pada tahun 2020 dan mencapai Visi UIR,” Ungkapnya.

Valentino Febrian Prakoso, S.Si—Karyawan Fakultas Pertanian bagian Laboratorium Perikanan juga mengharapkan UIR dapat mencetak banyak SDM yang unggul dan berprestasi, baik diranah nasional maupun internasional.


Editor: Yenny Elvira
Foto: Aldrila Febriana

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *