Kenali Diri Lewat Tulisan

Oleh : Aldrila Febriana


Judul Buku : The Graphology Book
Pengarang : Harfi Muthia Rahmi, S.Psi, M.Psi
Penerbit : NOTEBOOK
Kota Penerbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2014


“Banyak cara untuk melihat diri kita sebenarnya, salah satunya adalah melalui tulisan. Ya, tulisan. Melalui tulisan yang anda coretkan, kita dapat menguak siapa diri anda dan mengetahui pula apa yang menghambat diri anda untuk meraih sebuah kesuksesan,”
Sepenggal kalimat pengantar oleh penulis.

The Graphology Book merupakan karya dari Harfi Muthia Rahmi, S.Psi, M.Psi. Ia seorang Psikolog, dan Dosen Tetap di Sekolah Tinggi Yogyakarta. Harfi sangat berminat mempelajari perilaku manusia, terutama kepribadian manusia. Ia menceritakan tentang bagaimana kita bisa membaca sikap dan karakter seseorang lewat tulisan tangan (handwriting).

Buku ini memberikan kita banyak informasi mengenai keseluruhan grafologi. Grafologi merupakan ilmu tentang aksara atau sistem tulisan. Pada buku ini dimulai dari sejarah grafologi, handwriting analysis, all about grafologi, penempatan margin pada tulisan, garis dasar tulisan, kecepatan penulisan, kemiringan tulisan, ukuran tulisan, 10 huruf unik dan rahasia dibaliknya, siapa dibalik tanda tanganmu, dan masih banyak pokok pembahasan yang akan kita temukan secara tersistematis.

Harfi memaparkan bagaimana tekanan tulisan seseorang dapat dianalisis. Seperti tekanan berat pada penulisan menandakan bahwa seseorang itu memiliki perasaan yang mendalam mengenai subjek atau topik yang ditulis. Juga mengindikasikan adanya kemauan, aktif dan semangat yang kuat seseorang itu dalam menulis.

Diakhir halaman buku, Harfi juga menyertakan contoh analisis tulisan oleh kalangan papan atas seperti Joko Widodo, Susilo Bambang Yudhoyono, Justin Bieber,Tom Cruise dan Miley Cyrus, yang ia ambil melalui web pribadi Deborah Dewi (www.deborahdewi.com) salah satu Grafolog ternama.

Hingga penghujung halaman, Harfi ingin masing-masing dari pembaca mencoba menganalisis tulisan sendiri secara objektif dengan kaidah grafologi yang berlaku dan memberi penuturan-penuturan  yang menghambat kesuksesan pembaca itu sendiri.

Keunggulan buku ini sudah terlihat jelas dari bagaimana Harfi mulai menjabarkan apa saja yang ada dalam dunia grafologi beserta kaidah tafsir yang ada dalam ilmu grafologi. Harfi juga menyertakan contoh kasus dan contoh gambar tulisan tangan secara berpola untuk menunjang pemahaman para pembaca yang masih awam dalam dunia grafologi.

Kelemahan pada buku ini hanya bagaimana penulis mengggunakan istilah dalam grafologi yang tidak bisa ditangkap oleh para pembaca secara langsung dalam sekali baca, sehingga membuat pembaca harus baca berulang dan mencari istilah-istilah sendiri.

The Graphology Book sangat direkomendasikan untuk dibaca dan diresapi, pastinya oleh para pembaca ataupun orang awam yang sangat berhasrat ingin memperdalam wawasan, perihal bagaimana membaca sikap dan karakter seseorang lewat tulisan tangan.


Editor : Fadhli Abi Rafdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *