Wajah Baru BEM Dan Dema UIR


Oleh: Akhmat Kusairi


Badan Pemilihan Raya Mahasiswa (BPRM) Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan pelantikan kepengurusan baru Dewan Mahasiswa (Dema) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2019-2020 dengan mengusung tema “Terbinanya Insan Akademis, Serta Menjaga Sinegritas BEM & DEMA Dalam Membangun Organisasi Mahasiswa Untuk Menuju UIR Unggu 2020”, di Auditorium Rektorat UIR Lantai 4, Sabtu (21/12).

Acara dibuka oleh Ir. H. Rosyadi M.Si—Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, serta dihadiri Dekan dan Wakil Dekan III selingkungan UIR.

Pada sambutannya Rosyadi menyampaikan pada kepengurusan Dema dan BEM yang baru untuk membuat program kerja satu tahun kedepan yang mengarah pada kerjasama antar organisasi sehingga tercapainya tujuan dan harapan yang diinginkan. Tak hanya itu ia juga mengingatkan mahasiwa untuk tidak melupakan akademis pada perkuliahan masing-masing. 

“Jangan lupakan akademisi kalian sebagai mahasiswa, karena tujuan akhir kuliah ialah untuk memperoleh gelar pendidikan” ungkapnya.

Dalam kepengurusan Dema UIR terdapat lima Komisi, yaitu; Bidang Internal , Bidang Aspirasi Dan Kebijakan Publik, Bidang Hukum, Bidang Budgeting dan Auditing, dan Bidang Eksternal. Jumlah anggota Dema UIR yang dilantik sebanyak 45, diketuai oleh M. Riko Saputra dan Wakil Ketua Nanda Pratama Prayugo.

“Fokus Dema UIR dalam satu periode kedepan ialah melaksanakan fungsi Dema sebagai Controlling, Legislasi dan Budgeting. Terutama mensosialisasikan bagaimana Daulah Mahasiswa atau Undang-Undang Mahasiswa, karena di UIR ini kiprahnya masih kurang ataupun dianggap tidak ada karena di selingi oleh aturan yang di buat oleh Rektor” ungkap Riko.

Sedangkan BEM UIR periode 2019-2020 bernama Kabinet Suwarnakarya memiliki arti Karya Emas. BEM sendiri memiliki 74 anggota, dipimipin Noviyanto—Presiden Mahasiswa dan Randa Achmad—Wakil Presiden Mahasiswa, Hestisia Fitriani—Sekretaris Jendral dan Selly Tri Ningsih—Bendahara Umum.

Kabinet Suwarnakarya yang Memiliki 15 bidang Kementrian, yakni: Kementrian Dalam Universitas, Kementrian Luar Universitas, Kementrian Kajian Dan Strategis, Kementrian Politik Dan HAM, Kementrian Pendidikan, Kementrian Penelitian Dan Pengembangan, Kementrian Lingkungan, Kementrian Kesehatan, Kementrian Komunikasi Dan Informasi, Kementrian Seni Dan Olahraga, Kementrian Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, Kementrian Agama, Kementrian Pemberdayaan Perempuan, Kementrian Kewirausahaan Dan Usaha Kreatif Mahasiswa, Kementrian Budidaya Perairan.

“Kedepan kita tidak hanya melakukan kegiatan seminar-seminar saja, akan ada kegiatan terobosan baru  yang dibuat untuk mengangkat marwah UIR, baik kita selenggarakan Nasional maupun Internasional” jelas Noviyanto.  

Wakil Ketua BPRM UIR—Melani Nur Indah Sari ungkapkan bahwasannya ada penguduran jadwal pelantikan. 

“Untuk pelantikan BEM dan Dema UIR ini mengalami pengunduran, sebelumnya kami rencanakan dibulan November tetapi setelah kami koordinasikan ke pihak WR III tidak bisa karena padatnya acara di Rektorat pada bulan tersebut” tutupnya.


Editor : Intan Salfitri


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *