Diklatsar PMI UIR Di Desa Gema

Peserta Diklatsar sedang menunggu bus jemputan. Mereka menunggu di sekre didepan sekre mereka. Peserta telah bersiap dari pagi dan berangkat siangnya.
Peserta Diklatsar sedang menunggu bus jemputan. Mereka menunggu didepan sekre mereka. Peserta telah bersiap dari pagi dan berangkat siangnya.

Sebanyak 20 orang, calon anggota Korps Sukerela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 03 UIR, bersiap berangkat ke Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kamis siang (14/11). Kegiatan dimulai dari tanggal 14 sampai 17 November, mereka semua akan mendapatkan Diklat dan Pelatihan Dasar (Diklatsar).

Menurut Waldi Utama, Komandan KSR PMI UIR, diklatsar ini akan ada materi, seperti, memulai pergerakan, pertolongan pertama (PP), psikologi sosial dan lainnya.”Peserta juga diajarkan mengobati trauma kepada korban dan ada juga belajar senitasi air, bagaimana pemnafaatan air bersih saat bencana,” katanya.

peserta yang kebanyakan semester satu dan tiga dari berbagai jurusan ini, akan menginap di Desa Gema, mereka akan mendirikan tenda sebagai tempat penginapan.”Tujuan kita latih di alam bebas ini, agar mereka bisa tahu bagaimana kondisi dilapangan saat menjadi volunteer(penolong) ketika ada bencana alam dan lainnya,agar kedepannya mereka siap bertempur dilapangan,” terang Waldi.

“Dan tahun ini, sistem perekrutan kita berbeda. Biasanya setelah Diklatsar menjadi anggota, namun kita akan diklat mereka atau training mereka selama satu tahun, baru menjadi anggota resmi KSR PMI UIR,” tambah Waldi.

Rena Marlina, peserta dari FKIP Biologi UIR, merasa ada menambah pengalaman.”PMI waktu sekolah dan saat kuliah ini berbeda, ini kerjanya nyata dan saya ingin tahu apa saja kegiatan ini,” katanya sebelum berangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *