Faperta UIR Distribusikan Hasil Pertanian

IMG_20140222_180813

Sudah dua minggu Fakultas Pertanian(Faperta) UIR mendistribusikan hasil pertaniannya ke beberapa pusat perbelanjaan seperti Pasar Buah di Jalan Judirman, Jalan Riau, dan Lucky di Mall Pekanbaru. Hasil pertanian UIR yang didistribusikan itu berupa selada merah, selada hijau, pakcoy, selada mentega, keylan, cabe keriting, cabe rawit, melon dan mentimun.

Untuk pemanenan, dalam satu hari sayur dapat menghasilkan 25 kg sedangkan  buah dipanen setiap dua bulan dan menghasilkan sekitar 2 kg/batang.

“Ada juga masyarakat yang membeli dan memetik langsung untuk target selanjutnya mungkin akan didistribusikan ke Makro, supermarket dan sekarang sedang menunggu negosiasi dengan Hypermart,” jelas Fatturrahman kepala labor bioteknologi.

“Dalam distribusi kami tidak mendistribusikan ke pasar biasa karna sayur ini berkualitas dan tidak mendukung pestisida dan daya beli sayur ini lumayan mahal dari pasar-pasar biasa,” tambahnya.

Bukan hanya mahasiswa UIR , ada juga siswa SMK yang magang untuk dididik cara bertanam tradisional dan teknologi di Kebun Agro Wisata UIR, yang terletak di Jalan Sekolah Desa Kubang Raya. Sejauh ini kendalanya terletak dipemasaran, banyak masyarakat yang belum mengenal sayur jenis hidroponik.

“seharusnya memang dari dulu begitu, apalagi sayur hidroponik higenis bebas dari pestisida dan hasil pertanian UIR terus berkembang” ungkap Chairul seorang Mahasiswa UIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *