Bahas Fenomena Akik Lewat Seminar

Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau (UIR) adakan seminar di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) dengan tema Fenomena Batu Akik- Dinamika Sosial, Fenomena Psikologi dan Religiusitas dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri, Sabtu (9/5). Seminar ini hadirkan tiga pembicara yaitu Ahli Psikologi Islam, Tukiman Khateni M.Si, Dosen Psikologi, Leni Armayati M.Si dan perwakilan dari Pekanbaru Jual Beli Online (PJBO)  khusus batu akik.

“Berawal dari penasaran, kenapa sih ketika orang memakai batu akik terlihat lebih percaya diri? Nah, fenomena itulah yang dikupas secara psikologi dan juga religiusitas dalam seminar ini.” Kata Arif Basri, selaku ketua panitia.

Arif mengatakan, Peserta seminar tidak hanya Mahasiswa UIR, namun juga dari Universitas Islam Negri (UIN) Suska. “Pembicara awalnya Ketua Himpunan Psikolog Indonesia dan perwakilan dari Departemen Perindustrian. Namun, mereka membatalkan karena ada urusan di luar kota.” Tambah Arif.

Perwakilan PJBO menjelaskan, batu akik booming pada 2014, ketika mantan Presiden Indonesia SBY memakai bacan dan Presiden USA Barrack Obama gunakan batu sungai dareh. “Bagi kami para pecinta akik, meyakini batu ini akan tetap booming, namun tidak bagi pemakai yang hanya ikutan trend,” ujarnya.

“Materi seminarnya bagus, yaitu tentang batu akik secara psikologis dan religiusitas. Namun, waktunya sedikit molor dan pesertanya juga tidak terlalu banyak.” kesan Bagus Pratama Putra, peserta dari Teknik Perminyakan semester dua.  (widya)

 

Editor : Dede Mutiara Yaste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *