Himes Taja Roadshow Investasi di Pasar Modal Syariah

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah (Himes) taja Roadshow Seminar Nasional “Mengenal Investasi di Pasar Modal Syariah”, di Aula Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (UIR), Sabtu (27/08).

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Nasional (Presinas ) Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (Fossei); Khairul Zadid Taqwa dan Kepala Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Syariah; Boy Syamsuri. Juga ada beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) se-UIR dan mahasiswa se-universitas Pekanbaru.

Acara dibuka dengan pembacaan Tilawatil Qur’an, lalu sambutan dari Gubernur FAI, Irfandri, dilanjutan oleh Khairul zadid Taqwa dan kata sambuutan dari Boy Syamsuri.
Ada tiga orang pemateri, Derry Yustria SE., MBA, Muhammad Bagus Tegur Perwira. Lc., M.A, dan Representatif Indopremier Sekuritas, Nugroho Gatot Prasetyo.

Dalam materinya Nugroho menjelaskan, barang yang diperjual belikan di pasar modal adalah saham. Saham adalah, bukti kepemilikan atas perusahaan. Bagus, tambahkan jika saham tidak dapat disamakan dengan judi, karena saham bukan mainan tetapi investasi.

Derry juga menjelaskan, banyak pekerja yang merasa tidak sejahtera, bagaimana tidak, baru dapat gaji setelah itu gajinya sudah habis lagi. Hal ini disebabkan karena siklus mahasiswa, gadget yang selalu baru, tapi cicilan bikin haru, “Obatnya adalah punya tabungan, investasi, zakat, infak, dan sedekah,” tambahnya.

Menurut Derry, untuk memulai investasi bisa dimulai dengan membeli minimal 100 lembar (1 LOT). Setelah saham dibeli, saham tersebut bisa dijual lagi setelah harga saham meningkat, maka itu akan mendatangkan keuntungan.

“Ada sekitar 310 saham syariah di Indonesia dan BUMN, seperti Telkom, Kimia Farma, dan lain-lain. Tinggal pilih perusahaan mana yang menurut kita bagus, dan kalau bisa yang syariah serta memiliki undang-undang yang melindungi,” jelas Derry.

Setelah acara selesai, M.Yusuf selaku ketua panitia menuturkan kepuasannya dengan kelangsungan acara yang berjalan cukup rapi dan sukses, Yusuf juga berharap akan akan kesempatan seperti ini lagi di lain hari.

Penulis: Rega

Editor: Arniati Kurniasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *