Bulan Bahasa UIR

Bulan Bahasa kembali diadakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Riau (UIR). Acara diadakan setiap tahun, peserta mulai dari tingkat SMP, SMA, hingga mahasiswa se-Riau. Ada 12 kategori perlombaan, dan semua lomba itu yang bersifat sastra.

Eko (Ketua Panitia) – lomba untuk tingkat SMP meliputi baca puisi, pidato, menulis puisi dan cerita pendek (cerpen). Untuk tingkat SMA, baca puisi, musikalisasi puisi, drama komedi, menulis cerpen dan puisi. Serta untuk tingkat mahasiswa, kisah inspiratif, baca puisi, menulis cerpen dan puisi.

Pendaftaran perlombaan Bulan Bahasa mulai 1 Oktober hingga 1 November 2016. Sedangkan untuk perlombaan diadakan pada (7-12/11). Penutupan lomba pada (19/11).

“Untuk panitia kami mengerahkan seluruh mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia untuk ikut andil dalam acara ini,” ujar eko.

Diadakannya Bulan Bahasa untuk memperingati hari lahir Bahasa Indonesia pada tanggal 28 oktober 1928. “Pada Bulan Bahasa ini menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, dan membudayakan Bahasa Indonesia. Karena, kita lihat sekarang ini banyak Bahasa Indonesia malah tidak dipergunakan, tapi malah menggunakan bahasa asing. Untuk itu kita adakan bulan bahasa sekaligus mengangkat marwah Sastra Indonesia,” tambahnya.

Antusiasme terhadap bulan puasa ini juga jelas terasa karena terlihat dari peserta lomba puisi tingkat SMA mencapai 87 peserta. “Bulan Bahasa UIR ini yang sangat ditunggu oleh sekolah-sekolah,” terangnya.

Marini, salah satu peserta lomba puisi mengatakan bahwa, acara Bulan Bahasa tahun ini lebih semarak dari tahun yang kemarin dan juga pelaksaan yang bagus.

Reporter : Muhammad Qordaawi (Magang)
Editor : Sofiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *